11 Bulan Berjalan, Pembiayaan Akseleran Tembus Rp100 Miliar

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) telah menyalurkan pembiayaan mencapai Rp100 miliar dalam waktu 11 bulan, sejak beroperasi per Oktober 2017.

Ivan Nikolas Tambunan, CEO & Co-founder Akseleran, mengatakan bahwa realisasi total pembiayaan yang dihasilkan selama 11 bulan terakhir merupakan salah satu yang tercepat untuk pelaku peer-to-peer lending (P2P Lending) UKM di Indonesia. Bahkan, kata Ivan, jelang akhir Agustus ini jumlah pembiayaan Akseleran hampir menembus sebesar Rp101 miliar.

“Apa yang kami capai sejak Akseleran resmi beroperasional sebagai P2P Lending per Oktober 2017 hingga Agustus 2018 dengan menyalurkan pembiayaan hampir sebesar Rp101 miliar adalah catatan prestasi yang kami syukuri. Ini bukti bahwa kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha terhadap Akseleran semakin meningkat signifikan. Adapun total pembiayaan yang dihasilkan melalui Akseleran tersebut 100% disalurkan kepada usaha produktif,”ujar Ivan.

Mikhail Tambunan, Chief Financial Officer & Co-founder Akseleran, mengungkapkan, peningkatan jumlah pembiayaan terus terjadi setiap bulannya. Setidaknya, selama tiga bulan terakhir pada periode Juni hingga Agustus tercatat rata-rata peningkatan pembiayaan sebesar 25%-30% tiap bulannya dengan nilai tertinggi di bulan Agustus ini. Ia memandang bahwa keberhasilan ini semakin menumbuhkan optimisme dalam mewujudkan target total pembiayaan sebesar Rp200 miliar hingga 31 Desember 2018. Kehadiran Akseleran, menurutnya, mampu mengisi produk yang belum ada di pasaran berupa pemberi pembiayaan dengan agunan yang fleksibel.

“Latar belakang tim Akseleran yang saling melengkapi dengan standard of excellence yang baik dan mampu bekerja secara tim yang solid menjadi faktor utama lainnya sehingga bisa mewujudkan prestasi ini. Hasilnya adalah portal layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi yang berkualitas dan sangat dipercaya oleh masyarakat umum,” kata Mikhail.

Ia menambahkan, memasuki akhir Agustus ini, tercatat penyaluran pembiaayan Akseleran yang mencapai hampir sebesar Rp101 miliar disalurkan untuk lebih dari 240 UKM. “Sedangkan jumlah lender kami sudah menembus sebanyak 22.500 dengan target akhir tahun ini bisa menembus di angka 45 ribu lender,” tambah Mikhail. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran pembiayaan oleh P2P Lending mencapai sebesar Rp7,64 triliun hingga semester pertama tahun 2018. Sejauh ini, sudah ada 66 pelaku usaha fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, termasuk salah satunya Akseleran.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)