11 Perusahaan Raih Indonesia Most Trusted Companies Award 2019

Majalah SWA menyelenggarakan malam penghargaan Corporate Governance Perception Index (CGPI) ke-18 sebagai wujud apresiasi bagi perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan Good Corporate Governance (GCG) secara berkelanjutan yang telah melalui program riset dan pemeringkatan oleh Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

GCG tahun ini untuk penilaian tahun 2018, mengangkat tema “Penguatan Platform Bisnis Dalam Kerangka GCG”. Gendut Suprayitno, Chairman IICG, menjelaskan, ada tiga aspek yang digunakan dalam penilaian yakni aspek Compliance mengenai kepatuhan pada regulasi yang berlaku, Conformance mengenai kesesuaian pada etika bisnis yang berlaku, dan Performance mengenai keberhasilan peningkatkan kinerja dalam meraih profitabilitas perusahaan.

“Tema yang terus berganti dari tahun ke tahun ini tidak hanya fokus pada aspek kepatuhannya saja, namun ke substansi bisnisnya juga. Sejumlah tahapan telah dilaksanakan seperti proses, validasi, analisisi dokumen dan lainnya,” ujar Gendut.

Hasil keseluruhan program riset dan pemeringkatan CGPI ini disajikan dalam bentuk skor yang dikelompokkan dalam 3 kategori pemeringkatan, yaitu Sangat Terpercaya, Terpercaya, dan Cukup Terpercaya. Adapun kali ini totalnya ada 44 perusahaan yang mendapatkan GCG Award.

Ada 11 Perusahaan yang masuk pada kategori Sangat Terpercaya (Indonesia Most Trusted Companies): Antam, Bank Mandiri, Bank Mandiri Taspen, Bank BNI, Bank OCBC NISP, Bank BRI, Bank Syariah Mandiri, Bank BTN, Bukit Asam, Pupuk Kaltim, dan Wijaya Karya.

Perusahaan yang masuk pada kategori Terpercaya (Indonesia Trusted Companies): Asuransi BRI Life, Asuransi Jiwa In Health Indonesia, AXA Mandiri Financial Services, Bakrie & Brothers, Bakrie Pipe Industries, Bank BNI Syariah, BRI Agroniaga, BRI Multifinance Indonesia, Indonesia Asahan Alumunium, Mandiri AXA General Insurance, Mandiri Manajemen Investasi, Mandiri Sekuritas, Mandiri Tunas Finance, MRT Jakarta, Pegadaian, Pelindo II, Pelindo III, Pembangunan Jaya Ancol, PLN, Petrokimia Gresik, Pupuk Indonesia, Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan Timah.
Kemudian perusahaan yang masuk pada kategori Cukup Terpercaya (Indonesia Fair Trusted Companies) adalah Asuransi Tri Pakarta.

Malam penganugerahan juga diisi oleh sharing session dari Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional Leadership & Happiness Institute for Leadership & Life Management, yang menyampaikan bahwa pentingnya integritas dan peran pemimpin dalam menciptakan GCG yang baik. Serta Agus Puji Prasetyono, Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi & Produktivitas Kemenristek, yang menjelaskan pentingnya perusahaan dan karyawan memperkaya diri dengan kemampuan teknologi digital.

Sementara itu Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Group, mengatakan dalam sambutannya bahwa tantangan kondisi ekonomi yang semakin menuntut perusahaan untuk menyesuaikan model bisnis, dan tidak menabrak kaidah GCG, sehingga penerapan tata kelola yang baik merupakan keharusan..

“Dalam hal ini platfrom bisnis sebagai upaya untuk menciptakan perusahaan tumbuh berkelanjutan. GCG sangat penting bagi fondasi perusahaan agar tumbuh secara kokoh, maka kami secara konsisten menjalankan program ini sejak tahun 2001,” ujar Kemal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)