111 Anggota AFPI Sudah Melaporkan Datanya

Fintech Data Center (FDC) atau pusat data fintech lending yang dikembangkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sebanyak 111 P2P lending telah melaporkan datanya.

Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah, mengatakan keberadaan FDC sangat membantu para penyelenggara fintech lending yang merupakan anggota asosiasi untuk melihat rekam jejak dan menilai reputasi calon peminjam.

“FDC dapat mendeteksi dan mencegah calon nasabah melakukan peminjaman berlebih di banyak platform fintech P2P lending dalam waktu bersamaan, serta mengetahui profil risiko peminjam. Data ini akan bermanfaat untuk kepentingan lender, platform, dan industri meningkatkan pengelolaan kualitas portofolio khususnya dalam menurunkan pinjaman bermasalah,” ujarnya dalam keterangan tertulis. Kuseryansyah juga menyebut, Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB) industri di tengah pandemi masih relatif stabil.

Ketua Bidang Technical Support AFPI, Ronald Andi Kasim menjelaskan di tengah pandemi Covid-19 ini, FDC dapat membantu penyelenggara fintech lending dengan memberikan berbagai indikator statistik pada level agregat.

“Berdasarkan data FDC, wabah Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran pinjaman baru melalui fintech lending. Saat ini, terjadi penurunan jumlah pengecekan data FDC sebanyak 20% dibandingkan di saat sebelum Covid-19 mulai. Sejak Januari 2020, total pengecekan data FDC sampai saat ini telah tercatat lebih dari 15 juta kali, dengan rata-rata sekitar 140 ribu pengecekan data setiap harinya,” paparnya. Data tersebut sangat membantu menekan kredit macet sehingga portofolio pinjaman melalui fintech lending dapat selalu terjaga kualitasnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) pada 5-6 Apri 2020 kepada para anggotanya, mayoritas menyatakan TKB90 tercatat stabil. Per Februari 2020, OJK mencatat TKB90 yang menjadi tolak ukur industri fintech P2P Lending sebesar 96,08% atau NPL 3,92%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)