2.100 Produk Halal Indonesia Siap Menembus Pasar Domestik dan Global

Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kembali digelar. ISEF yang memasuki tahun ke-8, merupakan event tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia. Penyelenggaraan ISEF merupakan wujud nyata konsistensi dukungan Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Mengangkat tema 'Magnifying Halal Industries Through Food and Fashion Market for Economic Recovery', penyelenggaraan ISEF 2021 diharapkan mampu menjadi wadah akselerasi implementasi industri halal dengan fokus pada sektor fashion muslim dan food serta membangkitkan optimisme bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha syariah.

Indonesia memiliki keunggulan yang luar biasa dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Sektor unggulan dalam industri halal Indonesia yaitu sektor fashion muslim dan makanan halal menduduki peringkat ke-3 dan ke-4 berdasarkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) report 2020/2021. Pangsa pasar makanan halal Indonesia mencapai 13% dari pasar global, merupakan yang terbesar di dunia. Jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 1,8 miliar atau 24% dari populasi global terus bertumbuh dan tentunya merupakan pasar potensial bagi industri halal.

Sementara di domestik, berdasarkan data Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia muslim di Indonesia mencapai 86,88% . Kondisi ini jelas sangat menggiurkan dan Indonesia sebagai mayoritas muslim diharapkan mampu mengambil manfaat dari besarnya potensi pasar produk halal ini.

Perubahan tren berusaha pasca-pandemi yang mengarah pada penggunaan fitur digital, turut mendorong perkembangan industri produk halal yang lebih dekat pada konsumennya. Hadirnya digitalisasi menghilangkan batasan antar daerah bahkan negara dan mampu menghubungkan setiap individu dimanapun berada. Ini merupakan peluang bagi pelaku usaha untuk semakin mendigitalkan proses pemasarannya agar mampu menembus pasar domestik dan global.

Mengulang kesuksesan tahun 2020, Exhibition ISEF kembali dihadirkan, tidak kurang dari 600 pelaku usaha dengan total 2100 produk fashion muslim dan halal food, siap meramaikan Exhibition sebagai rangkaian dari kegiatan ISEF 2021. Seiring dengan semakin membaiknya penanganan pandemi di Indonesia, Exhibition ISEF 2021 dilakukan secara hybrid, yaitu kombinasi antara online exhibition melalui directory ISEF exhibition yang dapat diakses pada platform ISEF. Sementara offline exhibition dilakukan secara terbatas dengan prokes yang sangat ketat dengan pengunjung yang terdaftar.

Online exhibition akan berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2021 dan berakhir pada Desember 2021, sementara untuk kegiatan offline exhibition dilakukan pada tanggal 27-30 Oktober 2021 pada puncak kegiatan ISEF 2021. Kegiatan exhibition ini menggandeng para pelaku UMKM nasional.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Bambang Himawan menegaskan komitmen ISEF untuk konsisten menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya nyata untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Di samping itu, untuk membantu memperluas pasar para pelaku UMKM produk halal ini, dalam penyelenggaraan ISEF kali ini, ISEF turut menggandeng Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Idea.

“Dengan menggandeng Idea, pelaku usaha ini akan mendapat dukungan dan bantuan sepenuhnya dari para member asosiasi dalam mempromosikan produk halalnya ke konsumen yang lebih luas.” Dalam penyelenggaraan kali ini, konsumen dapat dengan mudah menemukan produk-produk halal dari para pelaku UMKM peserta ISEF 2021 di enam platform e-commerce seperti Bhinneka, Blibli, Shpee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Idea Bima Laga mengungkapkan antusiasme industri e-commerce dalam mendukung penyelenggaran ISEF 2021 ini. “Sebagai elemen bangsa yang memang menjadi bagian pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, tentu sudah selayaknya kami juga mendorong bertumbuhnya industri produk halal. Kami berharap tidak hanya selama penyelenggaraan ISEF saja, tapi untuk jangka Panjang, kami ingin menjadi bagian dari mendunianya produk halal Indonesia,” ungkapnya.

Rangkaian ISEF 2021 telah dimulai dengan adanya pelatihan digital bagi para pelaku UMKM produk halal bekerjasama dengan idea sejak 27 September 2021. Meskipun telah berjalan, namun bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung masih berkesempatan untuk mendaftar. Pendaftaran dapat diakses pada link yang ada di akun Instagram idEA dan Bangga Buatan Indonesia. Masih ada waktu untuk pelaku UMKM yang ingin berpartisipasi, karena pelatihan akan berlangsung hingga 29 Oktober mendatang.

Selain pelatihan, juga dilakukan live selling di mana konsumen dapat menemukan beragam produk halal mulai dari modest fashion hingga makanan halal. Konsumen dapat langsung mengunjunhi website ISEF. Konsumen dapat berbelanja seperti layaknya belanja online melalui platform e- commerce. Ada kejutan menarik tahun ini, yakni pencanangan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Syariah.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)