2 Bandara di Toraja Siap Sapa Wisatawan

Pemerintah meresmikan dua bandara sekaligus di Tana Toraja. Kedua bandara tersebut adalah yaitu Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur.

“Bandara tersebut dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Tana Toraja dan wilayah sekitarnya,” ujar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Kamis (18/03/2021).

Sebelumnya, jika melalui jalur darat ke Makassar bisa memakan waktu selama 9 jam. Saat ini dengan menggunakan ATR hanya memakan waktu sekitar 50 menit.  Lebih jauh, dia berharap penerbangan ke Toraja akan dapat berkembang. Sehingga, nantinya akan ada penerbangan langsung dari Bali, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“Bandara ini sudah dibangun sejak 2014. Sudah bisa dioperasikan untuk melayani 35 ribu penumpang per tahun. Jika lewat laut tidak bersahabat, sekarang bisa memanfaatkan jalur udara,” kata dia. Di sisi lain, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Bandara Toraja dapat mempermudah aksesibilitas masyarakat dari dan ke Tana Toraja, dan bisa menampung kurang lebih 45 ribu orang dalam setahun.

Sementara itu, Bandara Pantar di Alor, NTT dibangun untuk menciptakan konektivitas di Alor yang merupakan daerah terluar di Provinsi NTT. Bandara ini bisa didarati pesawat jenis grand caravan dan bisa menampung penumpang hingga 35 ribu penumpang per tahun.

Bandar Udara Toraja - Tana Toraja, Sulawesi Selatan dibangun dengan alokasi anggaran pembangunan sebesar Rp839 miliar. Sedangkan, Bandara Pantar di Alor, NTT dibangun dengan alokasi anggaran APBN sebesar Rp103 miliar.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)