200 Daerah Kota dan Kabupaten Ikuti Trisakti Tourism Award 2019

Untuk yang pertama kalinya diberikan apresiasi bagi pemerintah daerah di Tanah Air dalam memajukan industri pariwisata dengan nama Trisakti Tourism Award. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola,dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisaktinya Bung Karno.“

Trisakti Tourism Award yang diprakarsai oleh Yayasan Kusuma Pertiwi dan didukung oleh Majalah Destinasi Indonesia bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya. Memberikan penghargaan bagi pemerintah kabupaten dan kota yang berkomitmen dalam pembangunan kepariwisataan. Sasarannya adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan daerah serta meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata.

Peserta Trisakti Tourism Award terbuka bagi seluruh pemerintah kabupatendan kota di seluruh Indonesia yang memilki prestasi pada sektor pariwisata dari 2016 hingga 2019, dan mendokumentasikan proses pembangunan pariwisata sesuai tematik yang akan dipilih.

Hingga kini, sekitar 200 daerah kota atau kabupaten siap mengikuti seleksi Trisakti Tourism Award. "Kami sudah mengundang 200 daerah, baik walikota maupun bupati, mudah-mudahan terjaring 15 pemenang dari 200 daerah tersebut," ujar Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi, Wiryanti Sukamdani, selaku penyelenggara di Jakart (8/5/2019)

Pilihan tematik pariwisata dalam Trisakti Tourism Award 2019 adalah wisata bahari,ekowisata, wisata petualang, wisata warisan budaya dan sejarah, serta wisata kuliner dan belanja. Pemerintah kabupaten dan kota yang akan ikut serta harus melakukan pendaftaran denganmengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan atau mengunggah video profil(dokumentasi) pariwisata di website trisaktiaward. Video profil tersebut berisivisi dan misi Pemda, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulannya, atraksi,aksesibilitas, serta amenitas berdurasi 3 menit.

Kemudian, seleksi dilakukan melalui wawancara dan kunjungan (bila diperlukan). Trisakti Tourism Award akan dimeriahkan dengan acara Destinasi Indonesia Expo & Conference, sebuah pameran dan konferensi tentang potensi pariwisata daerah. Acara inirencananya akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center pada 27 hingga 29 Juni 2019.

Destinasi Indonesia Expo berperan sebagai media untuk memperkenalkan destinasiwisata di Indonesia kepada masyarakat umum. Acara ini akan mempromosikan potensipariwisata daerah, mulai dari atraksi, amenitas, dan aksesibilitas seperti daya tarik wisata,penerbangan, hotel, cinderamata dan kuliner. Pameran ini juga akan memperkenalkan program-program terkait pariwisata yang disiapkan pemerintah daerah dan diharapkan dapat bergandengan dengan biro perjalanan lokal, sehingga bisa langsung menawarkanpaket-paket wisata daerah.

Destinasi Indonesia Conference atau konferensi Destinasi Indonesia merupakan ajang berkumpul dan urun rembuk seluruh pihak yangberkepentingan dalam pariwisata dan destinasi Indonesia untuk menemui dan mengenalipotensi serta menggali ke arah mana pembangunan pariwisata dan destinasi wisata daerah harus dikembangkan.

Destinasi Indonesia Expo yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, rencananya akan diikuti oleh 200 peserta expo. Pameran ini mengangkat tema “Destinasi PariwisataIndonesia dalam era ekonomi 4.0” akan menghadirkan pakar pariwisata dari berbagai aspek,baik dari dalam maupun luar negeri, yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Panjaitan sebagai Key Note Speaker dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo sebagaiHonorable Speaker.

Penganugerahan Trisakti Tourism Award rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan disaksikan oleh Megawati Soekarnoputri pada hari Kamis, 27 Juni 2019 di JCC Senayan dan dimeriahkan oleh menteri pariwisata dan tokoh-tokoh pariwisata Indonesia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)