2017, Industri Asuransi Jiwa Terus Tumbuh Positif

Asuransi Jiwa Hendrisman Rahim, Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Meningkatnya kesadaran masyarakat berasuransi tercermin dari pertumbuhan bisnis asuransi di Indonesia. Berdasarkan  data yang dihimpun oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dari perusahaan-perusahaan asuransi, menurut  Hendrisman Rahim Ketua Umum AAJI, hingga kwartal pertama tahun ini  total pendapatan industri asuransi jiwa mengalami  pertumbuhan 16,4% menjadi senilai Rp 56,96 triliun (sebelumnya Rp 48,94 triliun) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.  Total pendapatan premi memberikan kontribusi  terbanyak terhadap total pendapatan  asuransi jiwa, yakni sebesar 75,8%.

Total pendapatan premi meningkat 25,5% menjadi Rp 43,17 triliun dibandingkan periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 34,40 triliun. Hendrisman menambahkan, pertumbuhan pendapatan premi didorong oleh meningkatnya pendapatan premi dari saluran distribusi bancassurance yang meningkat sebesar 47,5% dan berkontribusi sebesar 40,0%.

Begitu juga saluran keagenan, turut mengalami pertumbuhan sebesar 11,9% dengan kontribusi 39,2%, disusul oleh saluran distribusi alternatif yang juga meningkat 18,6% dan berkontribusi sebesar 20,9%.

Sementara itu, jumlah Investasi  pada kuartal pertama 2017 mengalami peningkatan sebesar 21,3% atau Rp  420,82 triliun. Sedangkan  total aset naik 19,8% menjadi Rp 475,75 triliun.

Christine Setyabudhi, Ketua Bidang Lembaga Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga AAJI, menambahkan, klaim nilai tebus (surrender) meningkat sebesar 23,6% menjadi Rp 13,27 triliun. Klaim ini memiliki porsi terbesar dalam pembayaran klaim dan manfaatnya, yaitu sekitar 55,2%. Sedangkan klaim kesehatan (medical) sekitar Rp 2,19 triliun, di mana 52% dari jumlah tersebut merupakan klaim asuransi kesehatan kumpulan, sisanya 48% dari klaim asuransi kesehatan perorangan.

Pertumbuhan industri asuransi jiwa di kwartal pertama tahun ini,  sekaligus memberikan gambaran bahwa selain pertumbuhan ekonomi nasional yang terus tumbuh, tentunya juga memberikan sinyalemen bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa juga turut meningkat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)