25 Peserta Ekrafpreneur Berkompetisi di Deureuham 2018

Akhirnya ada 25 peserta kompetisi ekonomi kreatif (ekrafpreneur) Deureuham memperebutkan pembiayaaan untuk pengembangan usaha dari BNI Syariah sekaligus hadiah umroh beserta uang saku.

Deureuham (Derap Ekrafpreneur Khasanah Mulia) adalah ajang kompetisi wirausaha untuk pengusaha ekrafpreneur berbasis syariah merupakan inisiasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan BNI Syariah.

Peserta Deureuham adalah ekrafpreneur dari kategori umum untuk subsektor kuliner, fashion, kriya, dan desain produk serta kategori teknologi untuk subsektor aplikasi & game, film & animasi dan fotografi. Ada lima kota yang disambangi yaitu Palembang, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, dan Makassar. Kelima kota tersebut dipilih berdasarkan kesiapan BNI Syariah sebagai partner Bekraf pada kompetisi ini.

“Deureuham bertujuan menstimulasi pertumbuhan ekrafpreneur berbasis syariah secara signifikan di Indonesia. Tujuannya bukan hanya mencari pemenang, tetapi juga meningkatkan pembiayaan perbankan syariah untuk ekrafpreneur Indonesia,” ujar Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf.

Melalui Deureuham, Bekraf mendorong pelaku usaha ekraf berbasis syariah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah, menstimulasi pertumbuhan bisnis berbasis syariah, sekaligus mengembangkan kewirausahaan berbasis syariah di Indonesia.

“Target kami agar dapat membawa pelaku ekonomi kreatif Indonesia untuk bisa dikenal dan menguasai pasar global. Bekraf juga selalu menjadi ambassador dengan terus membangun awareness ke KBRI untuk dapat mengusahakan business matching dengan mencarikan partner bisnis untuk pelaku-pelaku ekonomi kreatif Indonesia untuk bisa tersedia di negara lain,” ujar Ricky Josep Pesik, Wakil Kepala Bekraf.

Total dana bantuan pemerintah yang tersedia untuk akselerasi berjumlah Rp6 miliar di tahun ini, sama seperti pendanaan pada tahun 2017. Dana tersebut digunakan untuk merangsang para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat ke tahapan selanjutnya yakni menjaring investasi dari venture capital.  Pihak perbankan pun saat ini berlomba-lomba memperbesar portofolionya dengan menjaring para pelaku ekonomi kreatif dalam setiap pendanaannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)