3 Cara Jitu Mayora Tembus Pasar Ekspor

Menjadi salah satu perusahaan penghasil brand ekspor, membuat Mayora terus berusaha memperkuat posisi brandnya di pasar global. Sebut saja brand seperti Kopiko, Torabika, Beng-Beng, Malkist, Energen, dan Choki-Choki berhasil memberikan kontribusi nilai ekspor yang kami cukup signifikan hingga mencapai 40 persen. “Saat ini produk kami sudah di lebih dari 80 negara yang tersebar di benua Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika dan lainnya,” ungkap Awin Sirait, Global Category Head PT Mayora Indah Tbk.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari strategi Mayora untuk dapat menembus pasar luar negeri, yaitu membangun jejaring, mengenali wilayah serbuan, dan mempelajari aturan main di negara tujuan ekspor. “Penting sekali bagi kami dalam membangun jejaring, karena tanpa jejaring (jaringan distribusi), sebagus apapun produk yang kita miliki tidak akan bisa sampai ke tangan konsumen,” tambahnya.

Dalam membangun jaringan distribusi, perusahaan percaya akan symbolic mutualisme, di mana bekerjasama dengan partner yang memiliki satu misi untuk membuat produk Mayora dikenal, dikonsumsi dan dipercaya oleh konsumen di negara bersangkutan. Tidak hanya itu, perusahaan pengekspor pun harus mengenali wilayah serbuan. Hal ini karena setiap wilayah memiliki banyak perbedaan baik dari sisi regulasi, struktur harga, sistem distribusi, consumer insight, dan sebagainya.

Begitupun untuk dapat masuk ke dalam sebuah negara lain. Mayora pun melakukan secondary research yaitu dengan memahami semua data mengenai aturan main dalam hal mendistribusikan produk di negara bersangkutan. Perusahaan pun tidak bisa menghindari adanya peraturan maupun regulasi yang tidak tertera secara tertulis, untuk itu tim harus terjun langsung ke lapangan.

“Ke depannya kami akan tetap melakukan ekspansi bisnis ekspor, namun prioritas kami saat ini adalah untuk memperkuat posisi merek-merek kami yang sudah ada di beberapa negara saat ini. Kami menargetkan bisnis ekspor untuk tetap tumbuh double digit,” ujar Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)