Technology Trends

3 Fitur Baru Bank Ini Hadapi New Normal

Di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, kecanggihan teknologi menjadi sangat dimanfaatkan oleh masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) . “Digitalisasi menawarkan masyarakat pada kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan, apalagi di situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk jaga jarak (physical distancing),” urai Santoso, Direktur BCA.

Oleh sebab itu, BCA menghadirkan tiga fitur digital yang memudahkan nasabah di Tanah Air untuk bertransaksi finansial dengan mudah, aman, nyaman, dan cepat. Tiga fitur ini antara lain fitur QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS. QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR Code dari BCA mobile dan berbagai aplikasi pembayaran dimana BCA turut mendukung pemerintah dengan penerapan cashless payment via QRIS.

Fitur kedua adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. “Fitur ini mendukung nasabah di era new normal yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak fisik pada benda atau yang lainnya,” tambah Santoso.

Fitur ketiga dan yang terbaru dari BCA adalah Debit Online, fitur yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online. Uniknya, fitur ini memberikan keleluasaan nasabah dalam mengatur transaksi online melalui BCA mobile. Fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan sekaligus bagi nasabah yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas.

Nasabah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi, nasabah dapat mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile. Selain itu, fitur ini memungkinkan nasabah untuk menggunakannya sebagai metode pembayaran online baik di dalam maupun luar negeri. Fitur ini juga dapat digunakan berbelanja di seluruh platform e-commerce, toko online, dan layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard.

Navin Jain, Country Manager of PT Mastercard Indonesia, mengatakan COVID-19 telah mempercepat pengadopsian kebiasaan pembayaran digital dan nontunai pada konsumen. Perubahan perilaku melakukan pembelian secara online diprediksi akan bertahan lama, bahkan hingga pandemi berakhir, dengan studi terbaru menunjukkan bahwa hampir 60% konsumen telah mencoba sebuah metode belanja digital baru.

Saat ini banyak orang lebih memilih untuk melakukan pembayaran nontunai agar tetap aman, serta mengurangi kontak fisik. Untuk itu, ia menganjurkan para pemegang kartu untuk mengaktifkan fitur Debit Online agar dapat melakukan transaksi online dengan aman, simpel, dan nyaman dengan kartu debit Mastercard.

“Ke depan, kami akan terus bergerilya menciptakan inovasi mutakhir digitalisasi perbankan yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved