3 Indonesia Sediakan Platform IoT untuk Kalangan Bisnis dan Profesional

Internet of Things (IoT) dengan berbagai macam turunan layanannya semakin dikenal dan diakui manfaat besarnya, terutama di kalangan bisnis untuk meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital.

Sejalan dengan itu, 3 Indonesia bersama dengan partner pendukung ekosistem IoT melakukan kolaborasi penyediaan solusi platform IoT dan turunan layanannya bagi kalangan bisnis dan profesional. Kerjasama ini untuk mendukung ekonomi digital dan solusi Information and Communication Technology (ICT) bagi pelanggan.

M. Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia menyatakan, dengan solusi tersebut, pelanggan 3 Indonesia melalui unit 3Business dapat melakukan kontrol dan lacak perangkat IoT dan aset dengan layanan manajemen platform terintegrasi. Layanan ini juga memberikan kontrol perangkat dan paket koneksi secara real time.

"Layanan ini hadir untuk meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbungan bisnis di era digital, salah satunya dengan bersinergi dengan berbagai partner untuk mengembangkan ekosistem digital melalui layanan berbasis IoT yang kami bundling dengan paket data yang terjangkau," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima SWA Online, Kamis (17/12/2020).

Selain itu, 3 Indonesia juga telah menjalani proses ULO (Uji Laik Operasi) di beberapa tempat, yang menjadikan 3 Indonesia secara resmi dapat menyelenggarakan jasa Siskomdat (Sistem Komunikasi Data), sehingga kalangan bisnis dan profesional dapat menikmati layanan IoT dan turunannya sesuai standar regulasi yang berlaku di Indonesia.

Danny berharap sinergi dan juga lisensi Siskomdat yang baru didapatkan itu bisa memberikan kemajuan positif bagi kalangan bisnis dan professional dalam menghadapi ekonomi digital dan dampak ekonomi di situasi pandemi.

3Business juga menggandeng Nokia WING (Worldwide IoT Network Grid) untuk mendukung ekonomi digital dan industri 4.0. Pengembangan itu dilakukan dengan membangun jaringan WING yang memiliki keunggulan dalam hal kemudahan mengelola koneksi dan perangkat IoT melalui Connectivity Management Platform (CMP).

"Cara ini akan memberi kemudahan akses bagi pelanggan 3Business untuk mengetahui langsung jaringan IoT yang mereka gunakan serta mengelola pemakaiannya,” ujar Ammar Hussain, Head of Service Sales Nokia Indonesia.

Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah mengeluarkan berbagai macam solusi IoT bagi pelanggan bisnis dan profesional dengan melakukan bundling layanan paket data dan solusi dari partner ke berbagai industri vertikal untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan transformasi digital.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)