3Dolphins Voice Responding Bot Dapat Berbicara dengan Pelanggan

Sonny Hastomo, Pendiri dan CEO 3Dolphins (kanan)

PT InMotion Inovasi Teknologi, perusahaan penyedia solusi chatbot berbasis AI danSsocial CRM (Customer Relationship Management) terintegrasi kelas enterprise 3Dolphins menambahkan fitur baru bernama Voice Responding Bot.

Dengan fitur Voice Responding Bot maka solusi chatbot 3Dolphins memiliki kemampuan untuk memberi respons dalam bentuk suara atau “berbicara” dengan pelanggan saat live chat dalam aplikasi berbasis web. Hal ini dimungkinkan berkat teknologi voice recognition yang dibenamkan dalam solusi chatbot 3Dolphins.

Teknologi voice recognition ini juga memberi kemampuan chatbot untuk mendeteksi bahasa yang digunakan oleh user. Misalkan user live chat dengan chatbot di web, dan ia mengetik permintaan info tentang suatu produk dalam Bahasa Inggris. Maka bot secara otomotis akan langsung memberi respon dalam bentuk teks dan suara yang berbahasa Inggris juga. Saat ini, solusi chatbot 3Dolphins dapat memberi respons kepada user yang mengetik teks menggunakan Bahasa Indonesia dan Inggris.

“Kami mengembangkan kemampuan bot berbicara ini berdasarkan kebutuhan pelanggan 3Dolphins. Ke depannya kami akan terus meningkatkan kemampuan fitur Voice Reponding Bot 3Dolphins dengan menambah channel-nya tidak hanya di live chat web based, tapi channel lainnya. Juga menambah koleksi bahasa yang dapat dipahami oleh bot kami,” kata Sonny Hastomo, Pendiri dan CEO 3Dolphins.

Fitur Voice Reponding Bot mulai hari ini sudah tersedia untuk seluruh customer InMotion yang sudah menggunakan solusi CRM 3Dolphins. “Fitur Bot Voice Responding yang kami untuk meningkatkan rasa nyaman pelanggan saat berinteraksi live chat lewat web dengan bot. Fitur ini akan terasa sekali manfaatnya saat pelanggan, yang sedang live chat dengan bot, harus mendengarkan lalu melakukan sejumlah “instruksi” seperti saat memesan tiket, mengisi formulir, atau melakukan registrasi yang dilakukan di web,” jelas Sonny.

“Ketimbang hanya membaca membaca satu-persatu “instruksi” yang mucul di layar monitor, pelanggan juga akan dibantu oleh bot yang berbicara tentang tindakan yang harus dilakukan oleh pelanggan. Tentunya, si pelanggan juga harus dilengkapi dengan perangkat audio untuk mendengarkan suara dari bot yang berinteraksi dengannya,” tambah dia.

Rasa nyaman yang didapat oleh pelanggan ini pada akhirnya akan jadi benefit tambahan untuk pelanggan dari organisasi yang sudah menggunakan bot di bagian customer service, misalnya, dan pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas mereka.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk terus meningkatkan kemampuan solusi chatbot dan CRM 3Doplhins. Tujuannya agar bisnis bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di channel mana pun yang mereka sukai, platform dimana mereka nyaman menggunakannya. Bisnis pun menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan,” ujar Sonny.

Selain Bot Voice Responding, 3Dolphins sebelumnya juga telah memiliki sejumlah fitur lainnya yaitu Single Phrase Multi Intent Execution, Service Level Agreement (SLA) Report, Mobile Live Chat SDK, Pending Intent. 3Dolphins terdiri dari 2 solusi yaitu, Solusi Social CRM berupa omni channel contact center, dan Solusi ChatBot yang Dibangun dengan menggunakan (NLP) Natural Language Processing dan menggunakan Artificial Intelligence.

Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform: Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, Line, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)