4 Solusi Acer Indonesia Ramaikan Bisnis IoT

Ada 4 Solusi IoT dari Acer

Tahun 2025 Internet of Things (IoT) diperkirakan nilai bisnisnya akan mencapai U$ 6,2 triliun lebih di seluruh dunia. Indonesia pun diprediksi memiliki peran pasar yang besar di bisnis IoT yang menurut data Kominfo pada tahun 2022 akan mencapai Rp 444 trilun. Acer mulai memperkenalkan solusi-solusi berbasis IoT yang dikembangkannya dalam upaya membidik pasar tersebut.

Riko Gunawan, Head of commercial product and solution Acer Indonesia, menjelaskan, saat ini fokus solusi IoT yang ditawarkan Acer adalah Smart Water, Smart Power dan Smart Lighting dan Smart Agriculture.

Keempat solusi IoT tersebut merupakan solusi berteknologi yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integritas jaringan untuk memberikan informasi rela-time dan keputusan sesuai dengan kebutuhan organisasi di Indonesia.

“Dengan keempat solusi tersebut Acer siap mendukung perusahan menuju Industry 4.0 dan pemerintah dalam mewujudkan smart city pada 2020,” imbuhnya.

Ia mengatakan, keunggulan Acer bukan saja menawarkan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi yang end-to-end. “Kolaborasi antara swasta, pemerintah dan penyedia solusi, merupakan tiga hal penting dalam komponen Smart City, dan kami di Acer sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city,” jelas Didit Haryanto, Commercial Product Manager and Pre Sales Acer Indonesia.

Solusi Smart Water Acer dijelaskan Didit, memberikan keleluasaan para perusahaan dan pemerintah setempat dalam mengelola ketersediaan air minum bagi warganya. Solusi ini juga menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis.

“Bagi konsumen pada tingkat rumah tangga, solusi ini juga memberikan fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air. Pemanfaatan solusi smart water sudah di implementasikan di Kaohsiung, Taiwan,” ungkapnya.

Ia menerangkan untuk perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan. Implementasi smart water di Kaohsiung meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibandingkan saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan solusi smart water.

Acer Smart water merupakan solusi komprehensif yang terdiri dari rangkaian teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan berbeda yaitu solusi dalam mengontrol water quality merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap ketentuan pemerintah yang berlaku mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar.

Riset menunjukkan terjadinya kebocoran penggunaan air yang cukup tinggi hingga 40% (misalnya dalam distribusi atau penggunaan industry) di negara berkembang Water Flow System merupakan solusi untuk memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industry atau kawasan.

Untuk solusi smart agriculture yang membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam dan panen yang tepat. Solusi ini juga membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)