Business Research Trends

4 Tren Ini Diprediksi Akan Terjadi di Ramadan 2023

Dok .istimewa

Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim se-dunia di setiap tahunnya. Yougov merilis tren yang akan terjadi di Bulan Suci 2023 yang bisa dijadikan tuntunan dalam memaksimalkan bisnis di platform Meta.

Sebanyak 94% konsumen mengaku senang melihat konten kebersamaan dan kehangatan di Facebook atau Instagram. Sementara, 82% dari orang yang disurvei ikut berpartisipasi dalam kegiatan amal selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini dibuktikan dengan capaian 7,8 juta transaksi yang terjadi di Facebook pada Mei 2022.

Tidak hanya untuk saling berbagi, 4 dari 5 orang percaya merencanakan keuangan di bulan Ramadan dan Idul Fitri menjadi lebih penting. Sebanyak 55% orang merencanakan belanja setidaknya 10 hari sebelum Ramadan dimulai. Selain itu, 71% konsumen mengeksplorasi kategori produk yang berbeda pada dibandingkan sebelum bulan puasa itu.

Kategori makanan dan pakaian tetap menjadi yang paling populer ditambah dengan kategori paket liburan yang angkanya meningkat sejak tahun lalu. “Paket berlibur ini merupakan kategori yang sudah terencana, bahkan pembelian terjadi sebelum Ramadan dimulai, selain kategori lain seperti barang-barang bermerek dan untuk ibadah,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.

Dari sisi konsumsi media, Indonesia menjadi negara dengan tingkat konsumsi video yang tinggi. SYNC Study dan Bain dan Meta menemukan bahwa video di media sosial berperan penting dalam mengambil keputusan berbelanja. Sebanyak 44% orang Indonesia suka menonton konten-konten video dan hampir 1 dari 3 responden Indonesia menonton video untuk mencari produk melalui media sosial dan 40% dari responden tersebut memutuskan membeli produk dari konten-konten yang tersaji.

Hal ini sejalan dengan studi dari Global Web Index (GWI) mengenai konsumsi media yang menyebutkan bahwa menonton konten video menjadi aktivitas utama bagi kelompok Millenials dan Gen Z saat mereka berada di media sosial. Tren tersebut juga mendorong para konten kreator untuk membuat konten yang diminati oleh orang-orang dan pebisnis selama bulan Ramadan.

“Selama bulan Ramadan, kategori konten yang banyak diminati di Indonesia adalah Komunitas dan Kebersamaan sebanyak 84%, serta Hiburan dan Inspirasi 85%,” ujarnya. Hadirnya kreator konten selama bulan Ramadan dapat dimaksimalkan oleh pebisnis untuk memasarkan produk mereka secara digital karena 1 dari 2 konsumen di Indonesia mempercayai bisnis yang bermitra dengan kreator.

Survei juga menunjukkan 2 dari 3 orang lebih suka bertanya tentang produk melalui layanan pesan. Selama bulan Ramadan, 8 dari 10 konsumen menggunakan layanan pesan dan sekitar 7 dari 10 konsumen menggunakan layanan perpesanan seperti WhatsApp, Instagram Direct Message, Facebook Messenger.

“Banyak pelanggan mencari dan menemukan barang yang mereka butuhkan dari kanal-kanal media sosial, dan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Kanal-kanal ini masih menjadi top of mind di masyarakat,” kata Pieter menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved