Marketing Technology Trends zkumparan

5.000 Pelanggan Gunakan Jasa Bersih-bersih Kliknclean

Menjelang liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, mayoritas masyarakat menata dan merapikan kembali rumahnya untuk menyambut tamu.

Namun, meski hanya bersih-bersih, nyatanya tidak semua pemilik rumah mau melakukannya sendiri. Apalagi bagi kaum perkotaan yang hidupnya serba praktis selalu mengandalkan jasa pesan antar (pick up services), sehingga membuat mereka malas gerak.

Karena itu, perlu diketahui berbagai alternatif lain yang bisa dipilih untuk menjaga kebersihan rumah saat tidak memiliki Asistan Rumah Tangga (ART). Salah satunya pesan jasa bersih-bersih rumah melalui online. Tak hanya menawarkan bantuan tenaga, bahkan aplikasi pun sekarang juga menyediakan alat berikut cairan pembersihnya. KliknClean, misalnya.

Direktur PT Jasa Cepat Indonesia, penyedia jasa pembersihan KliknClean, Hendra Tjong, mengatakan, layanan ini muncul untuk menjawab tren saat ini di mana orang semakin sibuk dan tak mau repot untuk sekadar membersihkan rumah.

“Pertumbuhan masyarakat kelas menengah atas di Indonesia dengan pengeluaran rumah tangga di atas Rp5 juta per bulan sangat signifikan, bahkan diprediksi tembus 23 juta orang hingga tahun 2020. Mereka rata-rata kaum urban dengan aktivitas begitu padat sehingga kegiataan beberes rumah bukan perkerjaan yang mudah bagi mereka. Karena itu kami muncul karena potensi pasarnya bagus sekali,” ujarnya kepada media di Jakarta (8/12/2017).

Selain itu, kian tingginya tarif ART dan pembantu infal yaitu pembantu yang bekerja musiman antara satu hingga dua pekan, membuat pemilik rumah mulai beralih ke jasa bersih-bersih rumah daring. “Ukuran rumah sekarang makin kompak atau kecil khususnya hunian model apartemen, jadi agak ribet kalau harus menyediakan ART atau pembantu infal karena harus siapkan kamar tidur. Memang ada yang setelah kerja langsung pulang, tapi majikan tetap harus mengeluarkan cost untuk makan ART,” terang Hendra menguraikan alasannya.

KliknClean membidik para penghuni apartemen dan rumah menengah atas, termasuk para ekspatriat yang memiliki keperluan jasa bersih-bersih secara lepas. Selain melalui aplikasi, pelanggan bisa memesan beragam jasa pembersihan rumah lewat telepon atau website KliknClean. Untuk saat ini, KliknClean menargetkan pengguna jasa ini masih untuk wilayah Jakarta. “Tahap awal kami fokus menggarap area Jakarta karena potensinya masih sangat besar. Tahun depan baru mulai merambah di kawasan Bodetabek dan Bali,” jelas Hendra.

Hendra menyebut, jasa yang ditawarkannya lebih kompeten dan profesional karena setiap cleaner diberikan pelatihan selama lebih dari seminggu sebelum turun ke lapangan. Proses rekruitmen juga cukup ketat, tidak seperti pekerja bersih-bersih rumah yang ditawarkan aplikasi daring lainnya yang cukup menyerahkan data diri sebagai syarat bekerja. “Bedanya, kami memiliki tenaga profesional yang sudah dibekali dengan hard dan soft skill. Selain paham job desk-nya apa, SDM kami juga memiliki attitude yang baik karena sebelumnya ditatar di pelatihan,” dia menegaskan.

Beroperasi dalam 12 jam per hari, KliknClean menawarkan empat pilihan layanan yaitu Hydro Cleaning, General Cleaning, Deep Cleaning dan Ironing. Hydro Cleaning meliputi bersih-bersih sofa, karpet, kasur, korden, bantal-guling hingga kursi mobil. General Cleaning atau pembersihan standar mencakup menyapu dan mengepel lantai, dinding dan kaca. Deep Cleaning melayani bersih-bersih yang lebih detail seperti sanitasi kamar mandi, lemari, cuci piring, bersihkan kitchen set dan sejenisnya, sedangkan Ironing melayani setrika pakaian.

“Untuk ke depannya akan ditambahkan juga jasa laundry, jadi semuanya lengkap,” ungkap Hendra. Harga yang ditetapkan adalah Rp40 ribu per jam, sudah termasuk alat dan cairan pembersihnya. Durasi layanan setiap cleaner yang disediakan KliNClean maksimal 4 jam. Jika pelanggan menyewa lebih dari 4 jam, maka akan ditambahkan cleaner.

Hingga saat ini sudah lebih dari 5.000 pelanggan menggunakan KliknClean. Setiap harinya KliknClean melayani lebih dari 100 pesanan di area Jakarta dengan total durasi layanan 250 jam per hari. Cara pesannya cukup mudah. Pelanggan tinggal mengakses website, aplikasi atau menghubungi kontak centre KliknClean untuk mendapatkan kode booking, jadwal serta identitas cleaner. “Konsumen juga bisa request gender cleaner mau perempuan atau laki-laki supaya lebih nyaman,” tambahnya.

Menurut Hendra, KliknClean menggelar program Prepaid untuk pelanggan baru maupun member. Ada tiga paket yang ditawarkan, yaitu paket Silver, Gold dan Platinum. Paket Silver mencakup durasi layanan 8 jam General Cleaning berlaku 4 minggu seharga Rp280 ribu, Gold durasi 16 jam General Cleaning berlaku 9 minggu dibanderol Rp560 ribu dan Platinum durasi 24 jam berlaku 14 minggu Rp840 ribu.

Juga, melayani paket fleksibel untuk kebutuhan kantor. Sejumlah perusahaan seperti PT Amadeus Technology Indonesia di Menara UOB, PT Gilang Agung Persada dan The Buya, kafe masa kini di kawasan Jakarta Selatan telah menggunakan jasa KliknClean dengan lama kontrak satu tahun.

www.Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved