5 Perusahaan Ini Jawara Umum IHCA V-2019

Untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di era 4.0, maka strategi yang perlu dilakukan edukasi SDM dan peningkatan soft skill. Salah satu fokusnya adalah leadership dan membangun relationship.

Mengacu kebutuhan SDM di era 4.0, Economic Review kembali mengambil prakarsa untuk menganugerahkan beberapa perusahaan terbaik dalam negeri, yang dinilai telah mampu mempertahankan pengembangan SDM siap menghadap era 4.0.

Gelaran Indonesia Human Capital Award V 2019 bekerja sama dengan Perbanas Institute, IPMI International Business School, Grp NBO, Thomas International, Indonesia Asia Institute serta Grup Ideku. Tujuannya mendorong praktik pengembangan SDM guna meningkatkan Human Capital Index secara global.

Penghargaan Indonesia Human Capital (IHCA) V - 2019 diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja RIdi Balai Kartini (16/5/2019). Dengan mengusung tema “Entering Future Human Capital with Digital & Strategic Proposition on Industry 4.0”, penghargaan ini memaparkan strategi SDM dalam meningkatkan Kinerja perusahaan akibat dampak Revolusi Industri 4.0. Hal ini sejalan dengan Program Kementerian Ketenagakerjaan terkait Gerakan SDM Indonesia Kompeten 2019 yakni untuk mencetak 400 ribu SDM Kompeten 2019

Selain menyiapkan program pemagangan bagi 400 ribu orang agar siap memasuki dunia industry, Kemenaker juga menyiapkan 8.000 instruktur dari kalangan industri untuk membimbing peserta magang. Pengembangan SDM melalui program pemagangan merupakan prioritas bersama.

“Ketersediaan SDM kompeten harus link and match dengan kebutuhan dunia industry. Untuk itu, kami menggandeng dunia industri untuk menjawab tantangan ini," kata Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri, sebagai keynote speech IHCA V 2019 – dalam hal ini diwakili oleh Dirjen Binalattas- Bambang

Penyelenggaraan kali ini dimulai dengan pelaksanaan konferensi dengan pembicara di antaranya Hein Jan Lapidaire Thomas International, UK for APAC, Moh.Edi Isdwiarto HC Director PT Pegadaian (Persero), Irvandi Ferizal HC Director PT.Bank Maybank Indonesia, TBK, Endang Tri. K. Sukarso HR Director PT Solo Murni, serta Dr. Alex Denni Chief HC & Transformation Officer PT.Jasa Marga ( Persero) Tbk.

Peran aktif dunia industri penting dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan siap pakai di dunia kerja. “Melalui program pemagangan diharapkan dapat mempercepat penyerapan pengangguran ke dalam dunia industri. Strategi SDM dalam meningkatkan kinerja perusahaan akibat dampak Revolusi Industri 4.0 sangat diperlukan,” ujar Pendiri dan Direktur Utama Economic Review, Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM. atau biasa disapa Nana. Menurutnya, apabila tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi, maka perusahaan akan tergilas pada arus perubahan itu sendiri.

IHCA adalah kompetisi terbuka yang dapat diikuti oleh perusahaan BUMN Tbk, BUMN Non Tbk, anak perusahaan BUMN, swasta Tbk, swasta non Tbk, yang telah melalui beberapa seleksi penjurian yang dilakukan secara tatap muka dengan mengisi kuestioner, melakukan presentasi dan wawancara langsung dengan seluruh juri.

Melalui penilai yang cukup ketat para dewan juri memutuskan lima besar perusahaan yang peraih juara umum dalam IHCA V 2019, yakni PT. Pegadaian ( Persero), PT. Jasa Marga ( Persero) Tbk, PT. Bank Maybank Indonesia, TBK, PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) serta PT Angkasa Pura- I (Persero).

Penyelenggaraan IHCA V 2019, ingin berkontribusi dengan meningkatkan SDM dalam kegiatan bisnis sebagai pemosisi strategis. Hal ini, sehubungan dengan prediksi di tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi ketujuh terbesar dunia (Sri Mulyani, 2016), maka Indonesia membutuhkan 113 juta tenaga ahli yang harus siap bersaing di dunia global. Tahun 2050 Indonesia menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat dengan PDB sebesar 15,4 Triliun Dollar AS ( Economist Intelligence Unit, 2015)

“Menghadapi tantangan tersebut, Economic Review mengambil prakarsa untuk menyediakan wahana pembelajaran bagi praktisi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam berlomba-lomba untuk menunjukkan Best Practice in Human Capital Management dalam organisasi bisnis maupun sektor publik.Sehingga masih diperlukan kerja keras dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di semua sektor industry,” terang Ketua Dewan Juri IHCA V 2019 DR. Stefanus M.S.Sadana,Drs,Msi.

Penyelenggaraan IHCA juga ditujukan untuk mempertemukan gagasan para Best Practice Human Capital Organization dari perusahaan- perusahaan terkemuka yang fokus terhadap pengembangan SDM nya lewat Strategic Human Capital. Para penerima penghargaan ini merupakan perusahaan-perusahaan yang telah mampu meningkatkan daya saing SDM sebagai Leverage Performance organisasi di bidang Strategic Human Capital Development, Recruitment dan Talent Management, People Development, Performance Management dan Technology Proponent Regional ASEAN.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)