5 Perusahaan Taiwan Pamerkan Mesin Plastik dan Karet Ramah Lingkungan

Perkembangan industri yang kini lebih memberikan perhatian besar pada isu lingkungan hidup dan ekonomi sirkular, mendorong para pemain di industri karet dan plastik terus berinovasi agar dapat menghadirkan mesin karet dan plastik yang bisa menjawab tantangan tren terbaru bisnis tersebut.

Pada gelaran yang disenggarakan oleh Taiwan melalui TAITRA ada lima perusahaan memperkenalkan rangkaian produk berteknologi canggih dalam webinar yang bertajuk, “Shaping Tomorrow, Discovering Taiwan's Plastic & Rubber Machinery Webinar". Mereka adalah Allen Plastic, ChumPower, Fu Chun Shin, Multiplas dan Polystar, yang membagikan solusi manufaktur cerdas mereka dengan dukungan dari Bureau Perdagangan Luar Negeri (BOFT), MOEA, Taiwan, ROC, dan Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA), dalam hubungannya dengan Asosiasi Industri Mesin Taiwan (TAMI).

Bush Hsieh, Vice Chairman of Plastic and Rubber Machinery Committee, the Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI) menyatakan dalam pembukaan bahwa, sebagai salah satu dari enam besar negara pengekspor mesin plastik dan karet di dunia, Taiwan diakui atas teknologinya yang canggihdan layanan jual berkualitas tinggi.

Untuk diketahui dengan dukungan dan upaya pemerintah dan pelaku industri, industri permesinan Taiwan masih memiliki kinerja yang baik selama periode pasca pandemi COVID-19. Statistik terbaru menunjukkan bahwa nilai ekspor industri permesinan Taiwan adalah US $ 2,9 miliar pada Maret 2021, naik 30,7% dibandingkan Maret lalu.

Celina Lin, Sales Representative dari Allen Plastic Industries, Ltd menjelaskan Allen Plastic berdiri sejak 1980 dan memiliki produk andalan yaitu Horizontal Shrink Sleeving Machine (AHL-1000). Profuk ini cocok untuk ukuran wadah plastik dari diameter 8mm hingga 30mm. Produk-produk seperti lipstik, eyeliners, dan pensil alis dapat diposisikan dalam 0,5 detik berkat sistem pemosisian putar yang sangat akurat. Selain mesin tersebut,

“Kami juga memiliki Automatic Shrink Sleeving Machine (ASL-1000 dan ASL-2000) yang mudah diintegrasikan dengan berbagai tipe mesin pengemasan dan bisa diterapkan untuk botol kemasan dengan ukuran posisi lebar dan label yang bervariasi,” ujar Celina.

Lalu ada ChumPower Machinery Corp, yang berdiri sejak 40 tahun lalu ini, memiliki produk unggulan yaitu ChumPower dengan High speed stretch blow molding machine: L-Series, sebuah mesin cetak plastik dengan peregangan berkecepatan tinggi yang memiliki kapasitas output hingga 24.000 botol per jam.

Tony Wu, Sales Support Engineer dari ChumPower Machinery Corp menjelaskan mesin tersebut mengadopsi tiga metode, salah satunya metode untuk mencetak botol dengan ukuran awal yang ringan. “Mesin ini memungkinkan perusahaan bisa mendapatkan hasil cetak dari sebuah botol berukuran 200ml, dan berat 4,3g. Menghemat biaya bahan mentah bahkan hingga US$ 300 ribu, dan energi pemanas 14%,” ujarnya.

Hank Wu, Sales Manager dari Fu Chun Shin Machinery Manufacture Co., Ltd. (FCS) pembicara selanjutnya menjelaskan bahwa FCS merupakan pelopor pabrik mesin injeksi dan peleburan plastik di Taiwan. “Kami memperkenalkan dua produk andalan terbaru mereka yakni Intelligent and advanced servo hydraulic IMM/FA Series dan iMF4.0 Intelligent ManuFactory/ iMF4.0,” katanya.

Lalu David Wu General Manager Multiplas Enginery Co. Ltd. memperkenalkan Fully Automatic Production Cell dan Unman Screwdriver Production Line. Ini adalah sistem produksi yang mengintegrasikan mesin cetak injeksi vertikal atau horizontal, robot 6 sumbu, dan alat bantu untuk mencapai produksi otomatis sepenuhnya. Ia menyebut beberpa kliennya adalah Bosch, Black & Decker, Johnson & Johnson, 3M, Panasonic, Hitachi, Daikin, Foxconn, Asus, Nike, Callaway.

Sedangkan David Lo, CMO, daeu Polystar Machinery Co. Ltd. mengatakan bahwa pengembangan bisnis daur ulang menjadi lebih penting karena isu perlindungan lingkungan global, dan ia berbagi topik mengenai "Daur Ulang Menjadi Sederhana" untuk membantu bisnis menjalankan ekonomi sirkular.

Berdiri sejak 1988, Polystar sudah lama fokus akan produk berteknologi terkini yang ramah lingkungan, mudah digunakan dan mampu menghasilkan bahan reproduksi limbah yang berkualitas. Limbah film pasca-industri / pabrik yang bersih dapat dimasukkan ke produk andalan terbaru mereka yakni, Repro-Flex untuk mendapatkan kualitas pelet daur ulang yang unggul, yang dapat dicampur dengan bahan dasar lainnya untuk mereproduksi produk yang berkualitas baik. Kemampuan mesin Repro-Flex dapat menghemat biaya pembelian bahan baru dan mengurangi limbah, meningkatkan 20% output dan menurunkan konsumsi daya 10%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)