5G Experience Center Wujud Dukungan Making Indonesia 4.0

Menggunakan momentum Asian Games 2018, Telkomsel menghadirkan pengalaman teknologi 5G sebagai  perwujudan komitmen memajukan bangsa sekaligus bentuk dukungan bagi program pemerintah Making Indonesia 4.0 di Telkomsel 5G Experience Center di dalam GBK Senayan.
Dengan semangat ‘Menangkan Hari Ini, Majukan Bangsa’, Telkomsel memperkuat komitmennya dengan menghadirkan pengalaman teknologi revolusioner 5G  di ‘Telkomsel 5G Experience Center’ sebagai sebuah bentuk dukungan atas roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0 atau jadikan Indonesia 4.0.
Fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung selama berlangsungnya Asian Games di GBK Senayan ini memerkan pengalaman teknologi 5G pertama kali bagi masyarakat Indonesia selama Asian Games 2018. Dibangun di atas fondasi teknologi sebelumnya, teknologi selular generasi kelima ini akan menghadirkan berbagai macam serta peluang baru bagi kehidupan.
 “Telkomsel  akan terus berupaya tanpa henti untuk membangun Indonesia dengan berinvestasi menghadirkan teknologi 5G demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bangsa sejalan dengan upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0. Melalui teknologi 5G, Telkomsel akan menghadirkan berbagai revolusi industri yang akan memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang,” kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah pada peluncuran Telkomsel 5G Experience Center (15/08/2018).
Ia menambahkan, experience center yang disiapkan Telkomsel ini mengajak masyarakat merasakan sendiri bagaimana pengalaman menggunakan fasilitas dengan dukungan jaringan 5G. "Kominfo yang menyediakan uji coba jaringan di frekuensi 800MHz, ada 5 BTS kami siapkan di GBK, didukung Huwei dengan teknologi dari Samsung," katanya.

Menkominfo Rudiantara o yang hadir dalam pembukaan experience center ini, mengatakan, langkah ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Korsel Moon Jae-in dan Presiden RI Joko Widodo Mun dan Jokowi di Korea Selatan beberapa waktu lalu dengan showcase jaringan 5G di perhelatan Asian Games. "Selain itu saya dan Pak Airlangga--Menteri Perindustrian RI-- sepakat akan membuat kawasan industri khusus yang menggunakan teknologi terkini menuju Industry 4.0, " ujar pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Untuk mendukung kenyamanan di Asian Games 2018 terkait jaringan internet, bersama Telkom Group, pihaknya menyediakan wifi highdencity di seluruh area  Asian Games agar semua bisa lancar mengirim gambar. "Kami ada 390 titik wifi,  gratis tanpa registrasi, dengan kecepatan 9,1 Mbps throughput. Wifi disediakan, karena tidak mungkin memfasilitasi semua operator di sini," imbuhnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, mengungkapkan, dengan infrastruktur jaringan 5G, revolusi industri keempat bisa diwujudkan agar Indonesia bisa melompat. Menurutnya industri makanan minuman, elektronik, clothing, biokimia, logam, teknologi, komunikasi tidak boleh ada hambatam, komunikasi mesin antar mesin, tidak boleh ada hambatan infratruktur komunikasi.  "Keamanan diakui menjadi isu besar dan ini hanya  bisa dikelola dengan jaringan 5G. Maka itu perlu dipersiapkan dengan ketersediaan infrstruktur. Migrasi itu disadari butuh waktu, akan disiapkan dengan cost yang affordable," imbuhnya.

Kemajuan teknologi 5G akan mengubah cara kerja dengan tidak menggunakan manusia sebagai komponen utama. Implementasi teknologi 5G akan lebih optimal bila digunakan mesin dalam menghadirkan layanan IoT. Kemajuan teknologi 5G akan memunculkan berbagai macam teknologi revolusioner.
Sektor industri nasional memerlukan inovasi terutama dalam aspek penguasaan teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing di era Industri 4.0. Adapun lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem Industry 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.
Adapun contoh yang merupakan bentuk di berbagai industri yang dapat diciptakan seperti remote surgery dalam bidang medis, autonomous car dalam bidang transportasi, serta robotic manufacturing dalam bidang manufaktur.
“Mengetahui bahwa teknologi ini merupakan sebuah revolusi yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas, Telkomsel memperkenalkan teknologi ini untuk pertama kalinya di Telkomsel 5G Experience Center guna memberikan ilustrasi seperti apa implementasi teknologi 5G di masa depan, selama perhelatan Asian Games 2018, di Jakarta,” tutur Ririek Adriansyah, Direktur Utama Tekomsel.
Telkomsel 5G Experience Center dibuka untuk publik selama Asian Games 2018, sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018. Telkomsel 5G Experience Center berisi berberapa aplikasi penggunaan seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, Future Driving dan Autonomous Electric Vehicle yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)