6 Tahun Beroperasi, Berikut Evolusi Joox sebagai Social and Entertainment Platform

Joox, aplikasi musik bagi anak-anak muda, merayakan ulang tahunnya yang ke-6. Selama 6 tahun beroperasi di Indonesia, Joox tidak lagi hanya menjadi platform untuk mendengarkan musik, tetapi telah berevolusi menjadi Social & Entertainment Discovery Platform.

“Setelah 6 tahun hadir di Indonesia, kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dalam mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia,” kata Head of Marketing Joox Indonesia, Yuanita Agata. Dia menambahkan evolusi yang dilakukan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut dipicu oleh adanya kebutuhan anak muda dalam menikmati hiburan dan tetap terhubung dengan komunitasnya.

Sebagai perayaan hari jadinya sekaligus merayakan Hari Sumpah Pemuda, Joox merilis dokumenter yang berjudul Svara 'Perjalanan Bermakna di Balik Nada.' Dokumenter tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan Laleilmanino, Visinema, Swara Gembira dan berbagai komunitas kesenian. “Seiring peningkatan konsumsi lagu lokal di Joox yang mencapai 75%, Joox menghadirkan kolaborasi akbar Svara ini yang merupakan awal dari perjalanan kami menjadi wadah kolaborasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri musik dan kreatif Indonesia,” kata dia.

Dokumenter Svara berisi perjalanan Laleilmanino ke beberapa kota di Indonesia seperti Bali, Yogyakarta, Jakarta, dan Cirebon. Disana, mereka bertemu dengan masyarakat serta komunitas lokal yang konsisten memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas. “Inspirasi dan pesan yang kami temukan dari masyarakat, musik, dan budaya yang kami temui selama perjalanan ini kami tuangkan ke dalam 4 lagu Joox Original baru,” kata Laleilmanino, Trio Produser Musik.

Untuk membawakan 4 lagu original tersebut, Joox dan Laleilmanino mengajak empat musisi muda Indonesia yang memiliki genre musik berbeda, yaitu Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian. Sementara itu, Visinema bertugas untuk mendokumentasikannya ke dalam bentuk 5 episode dokumenter. Muhammad Neil El Himan, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengapresiasi Joox yang telah konsisten mendukung perkembangan industri musik nasional selama 6 tahun ini.

“Program Svara menarik karena tidak hanya menghibur, tapi banyak pesan dan makna yang disampaikan agar kita lebih bangga dan bersyukur akan kekayaan yang ada di sekitar kita, Indonesia,” ujarnya. Neil berharap generasi muda dan stakeholder bisa terus mendukung industri kreatif dalam negeri, khususnya musik Indonesia.

Menurut dia, dokumenter Svara “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat disaksikan oleh pengguna Joox pada tanggal 5 November 2021 mendatang melalui fitur Joox Live. Sedangkan, 4 lagu Joox Original Svara akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi Joox.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)