7 Asuransi Syariah Ini Diganjar Karim Award 2018

Asuransi syariah terus menunjukkan tumbuh kembang yang baik meski sumbangsihnya dalam industri asuransi nasional belum signifikan.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir 2017, pangsa pasar asuransi syariah baru mencapai 5,5 % dari seluruh asuransi wajib dan asuransi sosial. Rendahnya pangsa pasar asuransi syariah ini turut memengaruhi jumlah pangsa pasar Industri Keuangan Non Bank (IKNB) syariah yang hanya mencapai 4,62%.

Jumlah aset asuransi syariah secara nasional mencapai Rp34,3 triliun. Sedangkan aset asuransi konvensional tercatat sudah mencapai RP958,06 triliun, total aset gabungan mencapai Rp992,34 triliun.

Meski demikian sejumlah asuransi syariah yang ada di Indonesia tetap menunjukkan kinerja cemerlang. Hal ini yang mendorong Lembaga konsultasi keuangan syariah, Karim Consulting untuk mengapresiasi kinerjasi mereka melalui Karim Award 2018 untuk Asuransi Syariah.

Presiden Karim Consulting, Adiwarman A. Karim, mengatakan, penghargaan ini sengaja digelar untuk mengapresiasi industri asuransi syariah yang terus berjuang. Mereka tak patah semangat di tengah tekanan ekonomi global dan domestik yang berat saat ini.

“ Mereka pejuang-pejuang yang melakukan aksi heroik untuk terus mengembangkan industri asuransi syariah dengan segala tantangannya,” kata Adiwarman di Jakarta ( 4 /6/2018).

Adiwarman mengatakan penetapan perusahaan asuransi syariah terbaik ini dilihat dari berbagai aspek, seperti aspek manajemen dana tabarru, pertumbuhan market share, premi, dan surplus underwriting, serta profitability investment.

Ketujuh asuransi syariah terbaik ini berasal dari tiga kategori, yaitu kategori asuransi jiwa syariah, asuransi umum syariah, serta reasuransi syariah.

Berikut ini adalah daftar tujuh perusahaan asuransi syariah terbaik versi Karim Award 2018.

Asuransi Jiwa Syariah

• The Best Full Fledge Islamic Life Insurance: PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia.
• The Best Sharia Unit Islamic Life Insurance dengan Aset di Atas Rp500 Miliar: PT Prdential Life Insurance.
• The Best Sharia Unit Islamic Life Insurance dengan Aset di Bawah Rp500 Miliar: PT Sun Life Financial Indonesia.

Asuransi Umum Syariah

• The Best Full Fledge Islamic Insurance: PT Asuransi Chubb Syariah Indonesia.
• The Best Sharia Unit Islamic General Insurance dengan Aset di Atas Rp200 Miliar: PT Asuransi Adira Dinamika.
The Best Sharia Unit Islamic General Insurance dengan Aset di Bawah Rp200 Miliar: PT Asuransi Tri Pakarta.

Reasuransi Syariah
• The Best Full Fledge Islamic Reasurance: PT Reasuransi Syariah Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)