Management Trends

7 Tahun Berkiprah, Ralali Getol Perkuat UMKM

Dalam mendukung dan menggandeng bersama para UMKM bangkit kembali, Ralali.com menggencarkan kampanye baru Bangkit Bersama Ralali. Langkah ini juga bagian dari perayaan HUT ke-7 Ralali. Selama kampanye, para pembeli B2B Ralali dapat menikmati promo-promo yang ditawarkan, diskon menarik, pengiriman gratis, hingga keuntungan lainnya dari pemasok tangan pertama.

Ralali yang telah berdiri sejak 2013 fofkus dalam memberdayakan dan mendukung tumbuh kembang pada pelaku bisnis sektor B2B secara online. CEO Ralali, Joseph Aditya mengatakan memilih pemasok yang tepat sangat penting untuk UMKM, hal ini menjadi salah satu alasan Ralali untuk membantu agar lebih mudah bagi mereka untuk terhubung, berdagang, dan bangkit bersama.

“Kampanyenya selain masuk secara online, kami mempelajari bisnisnya. Bagaimana bisa tercapai dengan baik, barangnya secara wholesale atau bagaimana, juga bantu pemasaran online,” ujar Joseph dalam media gathering virtual (23/7/2020).

Serupa dengan apa yang terjadi di bisnis B2C, pentingnya saluran digital untuk pemasok B2B telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, perusahaan riset pasar, Frost & Sullivan memprediksi penjualan e-commerce B2B global akan mencapai lebih dari $ 6,6 triliun pada tahun 2020, melampaui B2C senilai $ 3,2 triliun pada tahun 2020.

Joseph menyadari pemasok B2B meyakini bahwa pengalaman pembeli merupakan kunci, dan mereka sekarang cenderung memilih opsi self-service e-commerce. Alasannya karena lebih menghemat waktu, fleksibel dalam menyesuakan jam kerja, menghindari tekanan untuk berbicara dengan sales toko, serta memungkinkan untuk dapat mencari lebih banyak pilihan daripada cara konvensional.

Ia menambahkan, perusahaan kecil termasuk UMKM sering merasa diacuhkan ketika menyangkut hubungan dengan pemasok, karena selain pemasok atau mitra juga merupakan usaha kecil, pembeli kadang merasa tidak memiliki peran untuk memberikan pengaruh. Maka dari itu bagi mereka, menemukan pemasok yang tepat untuk bermitra adalah salah satu langkah penting yang perlu mereka ambil.

Ralali memiliki posisi untuk menciptakan kemampuan bagi usaha kecil dan pemasok di Indonesia untuk saling memenuhi kebutuhan dalam berdagang dan tumbuh bersama. Terutama dengan banyaknya kegiatan offline yang dibatalkan, serta perlunya minim kontak dan pertemuan tatap muka, para pegiat bisnis kini mengandalkan Ralali.com untuk melakukan dan memulai bisnis secara online.

Hingga hari ini, Ralali mendukung lebih dari 11 ribu user pemasok dan membantu lebih dari 160 ribu usaha kecil tumbuh dan mendapatkan pasokan langsung dari tangan pertama mereka. Ralali juga bermitra dengan organisasi lain, seperti IPB untuk memberdayakan petani Jawa Barat dengan platform digital dan fintech.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved