70 Ragam Kuliner Nusantara Hadir di Jajanan Bango

Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar pekan ini di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tanggerang. Festival ini diikuti oleh 70 ragam kuliner nusantara dan 10 start-up kuliner yang dipilih oleh 14.000 pecinta kuliner di Indonesia. Tahun ini FJB mengangkat tema Rasa Sepanjang Masa dengan tujuan untuk membantu menumbuhkan semangat pelestarian warisan kuliner nusantara lintas waktu dan generasi.

Hernie Raharja, Direktrur Foods PT Unilever Indonesia Tbk, menuturkan, misi Bango untuk melestarikan kuliner nusantara terinspirasi dari fakta bahwa negara ini memiliki keragaman kuliner otentik yang sangat kaya. Dari Barat hingga Timur, terdapat banyak jenis kuliner yang dapat merepresentasikan kekayaan hasil alam dan kebudayaan Indonesia. Baik dari segi bahan, cara pengolahan, hingga penyajian.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk kembali ke akarnya dengan mengenal dan mencintai kekayaan kuliner nusantara. Festival ini juga dapat menjadi katalisator untuk memulai komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner nusantara,” ujar  Hernie.

Hernie menambahkan FJB juga digagas sebagai bentuk penghargaan kepada para penjaja kuliner yang telah berkomitmen melestarikan kuliner khas nusantara. “Mereka telah menjadi sumber inspirasi sekaligus mitra bagi Bango untuk terus mempertahankan misi sosialnya.”

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menuturkan Bekraf bertanggung jawab dalam mengembangkan jiwa wirausaha masyarakat, khususnya kuliner. Pihaknya percaya FJB memiliki peran dalam menginspirasi generasi muda untuk memulai usaha di bidang kuliner otentik Indonesia sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif. “Sampai saat ini kuliner masih menjadi raja di rumah sendiri dan menempati porsi paling besar dalam industri kreatif Indonesia dengan 41,6%, diikuti oleh fashion 18,5% dan kriya 15%.”

Tanggerang menjadi kota pilihan dalam menggelar FJB tahun ini karena dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang tengah berkembang. Bupati Tanggerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap Festival Jajanan Bango kali ini bisa menjadi destinasi wisata masyarakat Jabodetabek dan Indonesia serta dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan kuliner nusantara kepada wisatawan domestik dan internasional.

Salah satu highlight dari FJB 2017 kali ini adalah area Jejak Kuliner Nusantara yang dikurasi oleh JJ Rizal, Sejarawan Indonesia. Para pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan lebih luas mengenai kekayaan sejarah kuliner nusantara melalui instalasi dan aktivtas interaktif. Sebagai ciri khas FJB dari tahun ke tahun, Bango juga menghadirkan area Kampung Bango untuk memperlihatkan produk Bango dalam menjaga kualitas produknya.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)