Oyo Gandeng Microsoft Transformasi Digital Industri Pariwisata

Salah satu kamar di Hotel Oyo. (Dok. Oyo)

Startup perhotelan Oyo mengumumkan kerja sama strategis dengan Microsoft. Keduanya akan mengembangkan teknologi di industri pariwisata dan perhotelan masa depan. Oyo akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure sebagai kunci untuk mendorong inovasi berbasis cloud dan merevolusi industri perhotelan dan industri pariwisata berbasis teknologi.

Selain inovasi bersama, Oyo juga akan mulai melakukan migrasi beban kerja ke platform Microsoft Azure, mengadopsi Microsoft Suite 365, dan beralih ke Github Enterprise untuk mempercepat pengembangan teknologi. Dalam upaya untuk mempermudah adopsi teknologi Oyo di seluruh dunia, saat ini perusahaan juga sedang mengerjakan beberapa produk untuk mempermudah onboarding mitra hotel.

Dengan solusi-solusi tersebut, diharapkan dapat memperluas dampak positif kepada pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia. Sejalan dengan komitmen jangka panjang Microsoft atas kemitraan strategis keduanya, Microsoft juga akan berinvestasi di Oyo dalam bentuk ekuitas.

Abhinav Sinha, Global COO & Chief Product Officer Oyo Hotels & Homes mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, pihaknya telah mengembangkan ekosistem aplikasi partner dengan lebih dari 50 aplikasi dan lebih dari 500 layanan. Ekosistem ini diklaim dapat memberikan peningkatan pendapatan hingga 2 kali lipat untuk mitra properti baru yang bergabung dengan jaringan Oyo

"Kami melakukan ini melalui aplikasi Machine Learning (ML) dan Artificial Intelligence (AI), yang dapat menjalankan jutaan optimasi harga per hari untuk meningkatkan pendapatan atau memungkinkan pengguna untuk memesan Oyo dalam hitungan detik," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (10/09/2021).

Ia pun berharap aliansi Oyo dengan Microsoft akan membantu memberikan kekuatan teknologi pada usaha kecil, bahkan di sudut-sudut terpencil di dunia, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler. Adanya investasi dari Microsoft dalam bentuk ekuitas juga diharapkan akan bermanfaat bagi jaringan hotel-hotel Oyo.

"Hotel jaringan kami akan mendapat manfaat dari menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Bagi para pelanggan, kerja sama ini akan mendukung pengalaman menginap yang lebih terpersonalisasi dan berbeda," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Oyo akan mengembangkan pengalaman smart room untuk para traveler di platform Oyo. Contohnya, pengalaman kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi. Selain itu, menggunakan layanan Microsoft Speech dan AI, pengalaman tersebut juga akan mencakup check-in mandiri yang didukung oleh sistem kedatangan dan keberangkatan digital, sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, serta smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT) dan asisten virtual.

“Kami menyadari betapa pandemi telah menyebabkan perubahan besar dalam perilaku pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kini tamu kami lebih dekat dengan layanan berbasis digital, mereka mencari fleksibilitas, pemesanan dan pelayanan yang lebih cepat. Oyo melihat bahwa perubahan tersebut harus cepat diadopsi oleh pengusaha lokal dengan cepat," jelas Agus Hartono Wijaya, Country Head Oyo Indonesia.

Lanjutnya, mitra hotel di Indonesia juga bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan terhadap tamu, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik. Salah satunya melalui teknologi berbasis cloud yang difasilitasi Microsoft Azure.

“Menggabungkan kekuatan platform Azure dengan berbagai teknologi dan produk yang telah dikembangkan oleh Oyo, kami berharap dapat mempercepat inovasi dalam industri perjalanan dan perhotelan,” ungkap Anant Maheshwari, President Microsoft India.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)