Daftar 10 Orang Terkaya Dunia Versi Forbes 2022, Elon Musk Teratas dengan Harta Rp 3.430 Triliun

Elon Musk, menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2022.

Majalah Forbes pada Selasa, 6 Desember 2022, merilis daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2022. Usai perang, pandemi, dan pasar yang lesu, tercatat total kekayaan miliarder dunia pada tahun ini terkoreksi dibandingkan tahun lalu.

Data Forbes memperlihatkan ada sebanyak 2.668 miliarder, atau 87 lebih sedikit dari tahun lalu. Sementara jumlah kekayaan kolektif mencapai  US$ 12,7 triliun, atau US$ 400 miliar lebih rendah ketimbang tahun 2021.

Adapun penurunan nilai kekayaan terbesar terjadi di Rusia. Di negara itu, jumlah miliardernya berkurang 34 dari tahun lalu setelah invasi Vladimir Putin ke Ukraina. Sedangkan di Cina, akibat tindakan keras pemerintah terhadap teknologi perusahaan, harta kekayaan 87 miliarder di negara tersebut terpantau turun.

Meski begitu, di saat yang sama Forbes mencatat lebih dari 1.000 miliarder yang nilai harta kekayaan melonjak signifikan dari tahun lalu. Bahkan, dalam setahun terakhir, ada 236 pendatang atau orang kaya baru dari wilayah Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes yang dirilis Selasa lalu:

1. Elon Musk

Elon Musk masih menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia. Ia mendirikan enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup Boring Company. Adapun harta kekayaannya saat ini mencapai US$ 219 miliar atau sekitar Rp 3.430 triliun.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri e-commerce Amazon pada tahun 1994. Perusahaan ini bermula dari garasinya di Seattle, Amerika Serikat. Pada Juli 2021, Bezos mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif. Harta kekayaannya kini sebesar US$ 171 miliar atau setara dengan Rp 2.678 triliun.

3. Bernard Arnault

Bernard Arnault menjabat sebagai CEO LVMH Group dari sekitar 70 merek fesyen dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton dan Sephora hingga mengakuisisi toko perhiasan klasik Amerika Tiffany & Co. Nilai kekayaannya mencapai US$ 158 miliar atau sekitar Rp 2.474 triliun.

4. Bill Gates

Bill Gates mendiversifikasikan bisnisnya, dari perangkat lunak Microsoft, hingga terjun ke dalam bisnis investasi energi nol karbon. Saat ini nilai kekayaannya mencapai US$ 129 miliar atau setara dengan Rp 2.020 triliun.

Halaman Selanjutnya
5. Warren Buffett  ...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)