Geliat Shopee di Bisnis E-Commerce Indonesia

Menjadi penantang baru di bisnis e-commerce di Indonesia diakui sebagian perusahaan tidaklah mudah. Masih minimnya infrastruktur teknologi di Indonesia menjadi salah satu kendala yang dialami oleh penyedia layanan e-commerce.

"Sekarang terjadi big trend moving dari transaksi melalui desktop menjadi mobile," kata Direktur Shopee, Chris Feng, di Jakarta, Jumat (2/9/2016). Shopee mulai beroperasi di Indonesia sejak Desember 2015 mengakui Indonesia menjadi pasar yang signifikan tetapi memiliki sejumlah tantangan seperti penyerapan teknologi, sumber daya manusia, dan juga karakteristik dari konsumen e-commerce di Indonesia.

image

Chris mengatakan, saat ini banyak bermunculan bisnis e-commerce di Indonesia, tetapi sulit untuk bertahan. Oleh karena itu, ia meyakini bahwa diperlukan pendanaan yang cukup untuk dapat bertahan lama di di industri. "Kami mengelola dana perusahaan kami dengan baik, modal yang kami miliki mencapai US$ 171 juta," kata Chris.

Lebih lanjut, Chris menjelaskan salah satu investasi terbesar dilakukan untuk bidang pengembangan sumber daya manusia. Dia beranggapan bahwa sangat penting untuk mengelola talenta-talenta yang ia miliki saat ini.

Chris yang pernah mengelola beberapa bisnis teknologi, sebelumnya bekerja sebagai Regional Managing Director Zalora, mengatakan kekuatan pada Shopee adalah aplikasi yang mudah diakses dan adanya fitur chat. "Orang berbelanja akan senang bila mudah melihat barang dan bertransaksi di sana," jelas Chris.

E-Commerce Indonesia di nilai memiliki karakter yang unik karena saat ini mempunyai penyebaran yang terbalik. Jika dulu pembeli berasal dari Jakarta, kini wilayahnya lebih tersebar.

Sejak diluncurkan pada Desember 2015 lalu, Shopee telah mencatatkan transaki hingga 250.000 hingga bulan Agustus 2016. Aplikasi yang digunakan telah diunduh sebanyak 5 juta kali.

Pada bulan Oktober 2016 nanti Shopee akan menggelar Hari Belanja Mobile. Acara tesebut akan dilakukan untuk meningkatkan kesadaraan pangsa pasar e-commerce untuk berbelanja melalui aplikasi yang ada di perangkat seluler. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)