Gandeng Schlumberger, PGE Siap Optimalkan Potensi Panas Bumi | SWA.co.id

Gandeng Schlumberger, PGE Siap Optimalkan Potensi Panas Bumi

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pertamina Geothermal Energy Tbk

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) dan PT Schlumberger Geophysics Nusantara  menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) melakukan studi bersama (joint study) yang dilakukan Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Julfi Hadi dengan Managing Director Indonesia PT Schlumberger Geophysic Nusantara Scott Cremin

pada gelaran Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (13/7) “Kerja sama ini menjadi salah satu agenda penting terhadap kehadiran PGE di EBTKE ConEx 2023. Kami berharap rangkaian kerja sama yang sudah kami lakukan ini akan semakin menguatkan posisi kami sebagai world class green energy company serta akan bermanfaat bagi pengembangan potensi panas bumi di Tanah Air,” ujar Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Julfi Hadi. 

Julfi mengatakan bentuk kerja sama joint study ini nantinya memfokuskan pada upaya pengembangan sumur panas bumi dengan hasil akhir berupa pre-feasibility study. Namun dalam kerja sama ini, tidak hanya terbatas pada aspek teknis, finansial, maupun risiko. “Hal utama dari skema kerja sama ini nantinya dapat diimplementasikan juga di Area Karaha, Jawa Barat; Area Sibayak, Sumatera Utara; juga Area Lahendong, Sulawesi Utara,” tuturnya.

Kerja sama yang dilakukan dengan Schlumberger ini merupakan kesepakatan strategis kelima yang dilakukan PGE di ajang EBTKE ConEx. Sebelumnya PGE juga melakukan kesepakatan kerja sama strategis dengan beberapa pihak lainnya guna mengembangkan bisnis serta menjadi bagian dari strategi PGE dalam mencapai target meningkatkan kapasitas terpasang yang dikelola secara langsung menjadi 1 gigawatt (GW).

“PGE antusias dengan adanya kerja sama ini. Dengan keahlian teknologi yang dimiliki Schlumberger serta portofolio PGE dalam mengelola potensi panas bumi di Indonesia, kerja sama ini dapat menghasilkan mutualisme bagi kedua belah pihak,” kata Julfi.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)