ABA Mulai Proses Belajar Mengajar secara Daring

Franka Soeria co-founder #MarkamarieGlobal (on screen—hadir secara vurtual) pada peluncuran ABA di Malaysia

Asian Blogger Academy (ABA) adalah akademi pertama di Asia Tenggara yang memfokuskan diri pada dunia media digital dan influence. Akademi ini akan mengajarkan ilmu pengetahuan seputar blogging, influencing dan penciptaan konten yang dapat membantu siapa pun yang ingin memiliki visibilitas di dunia digital. Dari fotografi, videografi, kreasikonten, storytelling, digital marketing, menciptakan engagement dan loyalitas, diversifikasi konten di berbagai media sosial, personal branding hingga etika.

Konsep ABA terlahir dari #Markamarie, perusahaan Indonesia, sebagai salah satu akselerator industri kreatif di Asia Tenggara, menggandeng Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Langkah ini dilakukan setelah Markamarie membuka cabangnya di Malaysia belum lama ini.

“Awalnya kami bersama Markamarie Malaysia sepakat kerja sama dengan UiTM untuk menyelanggarakan ABA secara offline. Artinya semua pengajaran akan dilakukan online class di Universiti Teknologi Mara. Kami pun sudah siap meluncurkan bulan Februari. Lalu pandemi, kami pun reschedule semua rencana,” jelas Franka Soeria co-founder #MarkamarieGlobal.

Akhirnya diputuskan membuat ABA sepenuhnya online. Mungkin ketika keadaan membaik, akan melakukannya secara hybrid; offline dan online. Lembaga ini siap i membantu siapa pun yang ingin go digital dengan cara mudah dan terjangkau.

“ABA akan menyajikan pendidikan secara ala carte dan paket komplit. Para mahasiswa bisa memilih bidang apa yang mereka perlukan. Apabila mereka ingin mempelajari semuanya, ada pilihannya. Bukan hanya fashion dan beauty, namun juga food, lifestyle hingga personal brand. Para pengajarnya terdiri dari akademisi dan praktisi. Kami juga memiliki influencer sebagai mentor,” ujar Datin RasAli, Executive Chairman Markamarie Malaysia.

“Kami merasa akademi ini adalah jawaban bagi dunia baru yang kini menuntut siapa pun untuk go digital. Sebagai salah satu universitas terdepan di Malaysia yang kerap bekerja sama dengan dunia internasional, UiTM sangat senang bisa menjadi hub kerja sama skala Asia ini. Ini adalah salah satu inovasi baru dan bisa membantu banyak orang di masa yang challenging ini.” Jelas Prof. TS. Dr. Ruslan Abdul Rahim, Dekan Fakultas Art & Design UiTM, Malaysia.

“ABA akan menjadi ekosistem, bukan hanya akan mendidik namun kami akan menyalurkan. Apabila mahasiswa kami ingin serius menekuni karir influencing, blogging, media sosial, maka kami akan menghubungkannya dengan brand-brand dalam dan luar negeri. Kami juga akan membantu meningkatkan visibilitasnya bukan hanya secara online namun juga secara offline,” ujar Ismail Semin, Co-founder Asian Blogger Academy.

Launching ABA pada tanggal 15 Juli di Black Box- Publika, Kuala Lumpur Malaysia turut dihadiri oleh public figur dan influencer Malaysia Hana Ismail, Anwar Hadi dan ShazaBae. Selain itu juga influencer Jerman Selma Lebdiri dan influencer Indonesia yaitu Zikri Daulay dan henny Rahman.

Peluncuran ini juga dihadiri antara lain Professor Dato' Dr. Rahmat Mohamad (Deputy Vice Chancellor of Industry, Community and Alumni Network (ICAN), UiTM), Prof. Ts. Dr. Ruslan Abdul Rahim (Dean of Arts & Design FacultyUiTM).

ABA menandai kolaborasi edukasi antar-negara di masa pandemi yang diinisiasi oleh perusahaan lokalyaitu #Markamarie. Bukti bahwa Indonesia juga bisa mengekspor kreatifnya melalui inovasi-inovasi terdepan dan solutif.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)