ACES Awards 2021 untuk Inovasi Amar Bank

Penghargaan ini mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan inovasi teknologi yang signifikan dalam produk, layanan, atau bisnis (Foto: ist)

Amar Bank menerima penghargaan sebagai The Innovative Tech Companies of the Year di ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) Awards 2021. Diselenggarakan oleh Mors Group, penghargaan  tahunan  diadakan untuk memberikan mengapresiasi perusahaan dan individu yang menginspirasi dengan keunggulan mereka dalam kepemimpinan dan keberlanjutan.

Penghargaan ini mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan inovasi teknologi yang signifikan dalam produk, layanan, atau bisnis mereka, dan menunjukkan visi yang jelas dalam pengembangan bisnis serta pendekatannya di bidang perangkat lunak dan teknologi.

Amar Bank berkomitmen untuk merevolusi pengalaman perbankan, mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran/keamanan finansial mereka, serta menumbuhkan kebiasaan menabung melalui teknologi mutakhir. Sejak diakuisisi oleh Tolaram Group Singapura pada tahun 2014, Amar Bank telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu pelopor FinTech di Indonesia, melalui produk Tunaiku.

“Penggunaan FinTech dalam kredit mikro adalah cara ampuh untuk membantu orang-orang yang masih belum memiliki akses atau keterbatasan terhadap sistem pinjaman konvensional. Kredit mikro memungkinkan peminjam untuk membuktikan kelayakan kredit mereka secara bertahap, tanpa bunga yang terlalu tinggi. Dalam menyediakan saluran kredit yang dikelola dengan baik dan adil kepada masyarakat Indonesia, Amar Bank telah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang etis dan berkelanjutan”, ungkap Shanggari B, CEO Mors Group.

Amar Bank beberapa kali mendapat penghargaan untuk produk Tunaiku, platform pinjaman mikro berbasis aplikasi pertama yang sepenuhnya diatur dan merupakan produk pinjaman FinTech bank terbesar di Indonesia. Tunaiku memberikan kredit tanpa agunan (KTA) kepada individu dan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam dengan memanfaatkan teknologi big data dan predictive analytics.

Hingga kini, aplikasi Tunaiku telah diunduh lebih dari 6,7 juta kali, menerima lebih dari 9 juta aplikasi pinjaman, dan mendistribusikan lebih dari 700.000 pinjaman. Pinjaman tersebut sebagian besar untuk renovasi rumah (36%), modal usaha (25%), dan pendidikan (13%). Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp6,6 triliun pinjaman kepada masyarakat dan pengusaha mikro yang sebagian besar belum memiliki rekening (unbanked) dan kurang terlayani (underserved).

Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengatakan, “Kami percaya bahwa teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan membantu mereka mencapai tujuan keuangan, sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan kuat. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi melayani masyarakat dengan memperluas akses layanan dan literasi keuangan.”

Mengadopsi teknologi baru AI (Artificial Intelligence)  dan cloud, pada Agustus 2020, Amar Bank bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan Senyumku, digital bank  on the cloud pertama di Indonesia. Senyumku hadir untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik serta meningkatkan kedisiplinan untuk mengontrol keuangan pribadi menjadi lebih baik.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)