Achmad Zaky Danai Startup Efisiensi Energi

Fo

Powerbrain Automasi Energi (Powerbrain) mendapatkan pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, organisasi non profit yang didirikan oleh Achmad Zaky, Co-founder Bukalapak. Pendanaan ini akan digunakan untuk memperluas pasar, sekaligus memperkuat pondasi bisnis perusahaan.

“Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation juga menandakan bahwa bisnis yang dijalankan Powerbrain memiliki potensi yang besar dan berkelanjutan,” kata Pendiri & Chief Executive Officer Powerbrain Irvan Farasatha. Untuk memperkuat pondasi bisnis, perusahaan yang beroperasi sejak tahun 2020 tersebut akan mengembangkan teknologi dan sumber daya manusia.

Irvan menjelaskan kehadiran Powerbrain untuk memberikan layanan efisiensi energi berbasis teknologi yang berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis mitra, masyarakat, dan lingkungan. Untuk mewujudkan misi tersebut, perusahaan meluncurkan produk unggulan yakni manajemen energi, energi terbarukan, manajemen aset, dan solusi pengisian kendaraan listrik.

“Kami berharap pendanaan ini dapat memerpecapat realisasi Sustainable Energy Transition atau transisi energi yang berkelanjutan,” ujarnya. Powerbrain juga ingin mendukung target Pemerintah Indonesia dalam menurunkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 mendatang, melalui efiensi energi dengan menggunakan teknologi yang dimiliki perusahaan.

“Achmad Zaky Foundation fokus terhadap perusahaan startup yang menghadirkan solusi untuk berbagai masalah, salah satunya mengenai pengurangan emisi karbon, melalui pemanfaatan teknologi. Hal ini yang melatarbelakangi yayasan ini melakukan pendanaan,” kata Achmad Zaky, Pendiri Achmad Zaky Foundation.

Tingginya konsumsi energi merupakan kontributor utama terhadap perubahan iklim dengan proporsi 90% dari total emisi karbon global. Sustainable Energy Transition menjadi isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia 2022, yang fokus pada smart and clean energy technology. “Teknologi yang dihadirkan Powerbrain dapat menjadi solusi untuk mendukung efisiensi konsumsi energi di Indonesia," ujarnya menambahkan.

Dengan menggunakan Powerbrain, para mitra akan dapat menurunkan biaya operasional, meningkatkan nilai bangunan, dan meningkatkan kesejahteraan. Secara keseluruhan, Powerbrain akan mampu melakukan efisiensi tagihan listrik sebesar 20% hingga 30%. Hingga saat ini, perusahaan telah menjalin dengan puluhan perusahaan seperti Pertamina, Mitsubishi Motors, Bukalapak, Shopee, Net, Kimia Farma, DB Schenker, dan Suvarna Jakarta.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)