Ada Grup Alibaba di Tokopedia

Dalam 8 tahun terakhir, 2 juta lebih UMKM di Indonesia setiap bulan memulai dan mengembangkan bisnis mereka di Tokopedia. Dan setiap bulan ada lebih dari 35 juta visitor situs dan aplikasi yang pada 17 Agustus kemarin merayakan ultah ke-8 di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Inilah yang menarik perhatian Grup Alibaba menyuntikkan investasi sebesar US$ 1,1 miliar di Tokopedia.

“Dalam catatan kami, sekurang-kurangnya sekitar 150 juta kali kunjungan dalam sebulan. Jumlah kunjungan itu setara dengan tujuh kali lipat negara Singapura,” kata CEO dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya. Ia mengumumkan investasi Grup Alibaba ini di hadapan ribuan tamu yang hadir dalam perayaan ultah Tokopedia semalam. Babak investasi ini akan dipimpin oleh Alibaba Group dengan partisipasi dari pemegang saham Tokopedia yang sekarang. Investasi ini akan menjadikan grup asal negeri Tiongkok itu sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Menurut William, kemitraan dengan Alibaba akan meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia kepada para penggunanya, sekaligus mempermudah para penjual dan para mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya ke seluruh pelosok nusantara bahkan hingga ke penjuru dunia. Diharapkan langkah ini juga dalam mempercepat misi Tokopedia dalam menggerakan pemerataan ekonomi secara digital. Dengan menggandeng mitra bisnis seperti perbankan, pembayaran, mitra logistik, pemerintah pusat, sampai pemerintah kota, diyakini William misi tersebut akan tercapai.

Daniel Zhang, CEO Grup Alibaba menyampaikan langkah ini diambil karena grupnya memiliki visi yang sama dengan Tokopedia yaitu membantu UMKM menuju sukses mereka. “Kami sangat senang dapat bekerja sama untuk melayani masyarakat Indonesia,” imbuhnya. William memandang Alibaba merupakan panutan bagi Tokopedia, terutama dalam membangun budaya ketulusan dalam berbagi layaknya guru pada muridnya. Data AppAnnie menunjukkan marketplace yang sudah didirikan sejak 2009 ini merupakan aplikasi jual beli online terdepan di Indonesia dan web yang paling sering dikunjungi (berdasarkan data SimiliarWeb).

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)