Ada Sentuhan Teknisi Indonesia untuk Produksi New All Sienta

The All New Sienta telah diperkenalkan pertama kali kepada konsumen Indonesia oleh TAM pada akhir April yang lalu dalam perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS). Model ini menjadi produk kendaraan utuh keenam yang diproduksi secara lokal oleh TMMIN di antara jajaran model lainnya seperti Kijang Innova, fortuner, Etios Valco, Vios dan Yaris serta dua jenis mesin bertipe TR-K dan R-NR.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menanamkan investasi sebesar Rp 2,5 triliun atau sekitar US$ 186 juta untuk proyek produksi produk terbarunya the All New Sienta. Di tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4 ribu unit per bulan.

“Kami memproduksi berbagai macam model di pabrik-pabrik kami di Indonesia. Kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya model yang diproduksi secara lokal, maka akan memberikan sumbangsih nyata terhadap perkembangan industri otomotif serta ekonomi Indonesia melalui alih teknologi produksi (production know-how), pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), keterlibatan pemasok lokal, dan penanaman investasi,” kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami.

Karawang Plant 3, Produksi The New All Sienta Karawang Plant 3, Produksi The New All Sienta

Perjalanan Sienta sendiri dimulai pada 2011. Ketika Toyota Indonesia, melalui diskusi dan negosiasi yang cukup panjang, akhirnya dipilihlah Toyota Sienta generasi II (generasi I diluncurkan pada 2003 hanya untuk pasar Jepang). Dengan pemilihan Sienta ini, sekaligus menandakan bahwa ini merupakan kerjasama pertama kali antara Toyota Indonesia dengan Toyota Motor East Japan (TMEJ) yang berpusat di Sendai, Jepang.

Setelah kesepakatan pemilihan jenis kendaraan, proses berikutnya adalah masuk tahap penyesuaian terhadap kondisi lingkungan di Indonesia. Artinya, Sienta yang dipasarkan di Jepang, bukan berarti bisa langsung masuk atau diproduksi di Indonesia. Beberapa penyesuaian dilakukan agar nantinya cocok dengan konsep awal. Maka beberapa item pun harus diberikan sentuhan-sentuhan environment dan geografis lokal (Indonesian taste). Yang sangat menjadi perhatian adalah ground clearence.

Unit Sienta versi Jepang pun dibawa ke Indonesia untuk dilakukan beberapa tes kondisi lokal. Salah satunya, melewati uji genangan air setinggi 30 cm. Di sinilah para engineer Indonesia memodifikasi ulang sealing untuk pintu dan menambahkan titik-titik sealing di tempat-tempat krusial sehingga tidak terjadi kebocoran yang menyebabkan air membanjiri kabin. Segala penyesuaian dan penambahan komponen dilakukan secermat mungkin, hingga Sienta dinyatakan lolos segala tes.

Selain penyesuaian dan pengetesan produk, pada 2011 ini juga mulai dikirim engineer dan tenaga terampil Indonesia ke Jepang. Dari Karawang Plant sendiri selama periode 4 tahun berikutnya, secara periodik mengirim sebanyak total 170 orang (100 engineer dan sisanya skill worker) ke pabrik TMEJ di Sendai.

Mereka berangkat dalam rangka ikut merakit Sienta pasar Jepang dan juga memberi masukkan ke tim TMEJ. Dari mulai cara memasang hingga kesulitan-kesulitan yang ditemui dan dikonsultasikan ke desainer untuk model Jepang yang diluncurkan pada Juli 2015. Secara paralel, pada 2014 pemasok lokal Indonesia mulai diminta membuat unique parts dan hasilnya dikirim ke TMEJ untuk diujipasang pada Sienta pasar Jepang. Tujuannya agar ketika diproduksi di Indonesia, parts buatan pemasok lokal Indonesia sudah siap untuk dipasang.

Beberapa tahap produksi yang dilakukan sebelum Sienta siap dirilis, yaitu Press Shop (fasilitas pengepresan), Welding Shop (fasilitas pengelasan), Paint Shop (fasilitas pengecatan), Engine Shop (fasilitas menufaktur mesin) dan Assembly Shop (fasilitas perakitan).

Sebagian besar pembuatan Sienta yang memiliki total jumlah parts hingga 2.800 item itu dilakukan di Karawang Plant II. Komponen lain diproduksi di Sunter Plant II, Sunter, Jakarta Utara. Sedangkan produksi mesin ditempatkan di Karawang Plant III (Engine Plant).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)