ADB: Tiga Sektor ini Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Perekonomian Indonesia akan terus tumbuh pada 2017 dan 2018, ditopang oleh peningkatan investasi swasta dan ekspor, serta belanja infrastruktur publik yang lebih tinggi. Dalam publikasi ekonomi tahunannya yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO) 2017, Asian Development Bank (ADB) memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia akan mencapai 5,1% tahun ini dan 5,3% pada 2018. Pada 2016, perekonomian Indonesia tumbuh 5 persen.

“Berkat investasi yang dan perdagangan yang membaik, Indonesia akan mendapat momentum lebih lanjut untuk pertumbuhannya,” kata Winfried Wicklein, Kepala Perwakilan ADB di Indonesia. Ia menambahkan untuk mencapai jalur pertumbuhan yang berkelanjutan ke depannya, diperlukan upaya berkesinambungan untuk terus memperbaiki infrastruktur, memperdalam reformasi struktural, dan mengatasi kesenjangan keahlian.

ADB) memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia akan mencapai 5,1% tahun ini dan 5,3% pada 2018 (Doc.Kata Data)

ADO memperkirakan pengeluaran rumah tangga akan meningkat tahun ini, dibantu oleh pulihnya harga komoditas, perluasan program Dana Desa, dan juga peningkatan upah minimum. Selain itu, belanja infrastruktur publik diperkirakan akan meningkat pada 2017, selaras dengan alokasi anggaran pemerintah.

Investasi swasta juga diperkirakan naik karena bertambahnya pendapatan dari ekspor komoditas dan dampak dari reformasi struktural baru-baru ini yang bertujuan untuk menghilangkan hambatan regulasi serta membuka sektor-sektor baru bagi investor asing. Proyeksi lainnya adalah pada prospek ekspor dan impor, karena membaiknya harga komoditas internasional.

Risiko yang dapat memengaruhi proyeksi ini antara lain kemungkinan lambatnya pelaksanaan reformasi kebijakan, kurangnya pendapatan fiskal, risiko eksternal yang berasal dari ketidakpastian atas kebijakan perdagangan di negara-negara maju, dan pemulihan ekonomi yang lebih lemah daripada perkiraan di sejumlah mitra perdagangan utama.

ADO mencatat bahwa pemerintah amat bersungguh-sungguh melakukan reformasi kebijakannya. Reformasi tersebut, beserta fokus yang kuat pada pembangunan infrastruktur, akan membantu mendorong investasi dan mendiversifikasi kegiatan ekonomi dalam jangka menengah dan panjang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)