Adira Finance Gelar Festival Kreatif Lokal yang ke-2

Adira Finance kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang kedua kalinya. Festival tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Festival bertema ‘Tumbuh Bersama Sahabat’ ini akan dilaksanakan hingga bulan November mendatang di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, Mandalika. “Sejak awal, kami berkomitmen untuk meningkatkan kejahteraan di sektor ekonomi kreatif. Selain itu, kami ingin membuka peluang UKM untuk terus bertumbuh di tengah masa pandemi,” kata Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

FKL merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance di bawah payung corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Hafid berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum perubahan pola pikir fixed menjadi pola pikir growth, sehingga UKM bisa tumbuh secara Bersama-sama melalui kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan. “FKL juga akan menjadi wadah bagi UMKM untuk melebarkan peluang bisnisnya di Indonesia dan internasional,” ujarnya menambahkan.

Festival Kreatif Lokal 2021 akan mencari UKM terbaik dari 3 kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, dan Fashion di masing-masing 5 Destinasi Super Prioritas pariwisata Indonesia. Para peserta, nantinya, akan diseleksi dan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan, serta tujuan dan dampak usaha terhadap pengembangan ekosistem daerah wisata, termasuk unsur kebudayaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat di sekitar lokasi usaha mereka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 bisa menjadi modal bagi pelaku UKM di 5 Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan. Di festival ini pelaku UKM juga akan mendapatkan pelatihan dengan menggunakan metode practical, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM mereka. Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM untuk memaksimalkan potensi usaha ke depannya.

“Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi, di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia,” kata Sandiaga.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)