Adopsi Jaringan Cloud Permudah UKM Jalankan Usaha

Menurut IDC, penyebaran model jaringan berbasis cloud diperkirakan akan terus meningkat dan diprediksi akan tumbuh menjadi 38% pada 2020.

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd meluncurkan produk terbarunya yakni EnGenius Cloud. Layanan ini ditujukan bagi perusahaan skala kecil dan menengah (SME) di Indonesia, khususnya para administrator TI agar bisa merencanakan dan menjalankan ribuan jaringan dalam hitungan menit.

Saat ini, banyak perusahaan di dunia yang melakukan transformasi digital dengan mengadopsi jaringan yang mendukung teknologi cloud. Model jaringan seperti ini telah diterima secara luas karena kemudahan pengaturan dan skalabilitasnya yang tinggi yang mampu menopang beban kerja yang lebih tinggi juga.

Menurut IDC, penyebaran model jaringan berbasis cloud ini sudah mencapai 26% pada 2017. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dan diprediksi akan tumbuh menjadi 38% pada 2020. Fleksibilitas jaringan dan skalabilitas menjadi faktor yang membuat banyak perusahaan membangun infrastruktur TI berbasis cloud.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki sekitar 60 juta usaha kecil dan menengah, atau 99% dari total unit bisnis di Tanah Air. Kontribusi SME terhadap GDP mencapai 60% dan menyerap 116,73 juta tenaga kerja atau sekitar 97% dari total tenaga kerja.

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI pun menyatakan bahwa 36% SME masih berbisnis secara offline dan 37% baru memiliki kemampuan digital yang mendasar, seperti adanya perangkat komputer dan akses broadband. Sebanyak 18% sudah menggunakan web dan media sosial, tetapi hanya 9% yang telah memiliki kemampuan digital yang mumpuni.

Berkaitan dengan hal tersebut, solusi cloud yang menyasar SME ini juga mendukung AI dan tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi. Solusi ini mampu mengontrol dan memonitor sampai 100.000 perangkat access point dan switch secara bersamaan, hanya dengan satu akun saja.

Adapun solusi ini memiliki tingkat keamanan berlapis, yang sudah mengimplementasikan infrastruktur cloud multi-tenant untuk lebih melindungi pengelolaan pengguna dan data mereka. “Solusi cloud ini dapat memberikan jaminan uptime 99,99%” tegas Lawrence Lim, Regional GM, APAC & Middle East, EnGenius Networks (S) Pte Ltd, di Jakarta, (21/8/2019).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)