Agar Keamaan Data Karyawan dan Perusahaan Terjaga Selama WFH

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir

Tantangan perusahaan di masa pandemi dengan mengijinkan karyawan bekerja di rumah adalah bagaimana menjaga keamanan data perusahaan dan data karyawan. Indonesia masih berada di posisi atas sebagai negara dengan serangan cyber. Bahkan untuk ancaman mobile security, Indonesia di posisi 5 dunia.

Telkomsel meluncurkan layanan Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS) yang menghadirkan dua solusi keamanan untuk memastikan pelanggannya untuk terhindar dari ancaman siber yang terus berkembang. Kedua solusi tersebut meliputi TEMS Mobile Endpoint Protection (MEP) dan TEMS Mobile Apps Protection (MAP)

Keduanya solusi keamanan siber berbasis cloud terbaru Telkomsel ini merupakan bekerja sama dengan Lookout. TEMS MEP dan TEMS MAP memungkinkan perusahaan untuk melindungi ponsel, tablet, hingga Chromebook karyawan sekaligus mengamankan aplikasi yang digunakan pelanggannya.

Solusi tersebut didukung oleh Lookout Security Graph yang mampu menganalisis data lebih dari 200 juta perangkat, 142 juta aplikasi, dan 4 juta alamat web setiap hari. Dengan teknologi machine intelligence, Lookout mampu mengamankan pengguna dari ancaman berupa phishingserta ancaman lainnya pada perangkat, aplikasi, dan jaringan dengan tetap mengutamakan privasi. Platform berbasis cloud ini pun dapat secara otomatis mendeteksi ancaman yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

“Telkomsel berkolaborasi dengan Lookout, adalah upaya kami mewujudkan komitmen mewujudkan sebagai digital telco yang customer centric dengan meluncurkan Telkomsel Enterprise Mobile Security, diharapkan langkah ini memberi keamanan maksimal bagi pelanggan Enterprise. Dengan sistem keamanan yang lebih terjamin, perusahaan bisa terus fokus meningkatkan produktivitasnya tanpa perlu mengkhawatirkan perlindungan terhadap aplikasi dan data,” ujar SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir (20/04/2021).

Layanan ini menjawab kebutuhan perusahaan saat ini yang karyawannya di masa pandemi harus bekerja di rumah, di mana lebih dari setengah perangkat yang digunakan karyawan untuk mengakses data organisasi menjalankan iOS, Android, dan Chrome OS. Ini dapat menjadi masalah jika keamanan pada perangkat seluler diabaikan, sehingga menciptakan celah dalam sistem keamanan organisasi. Seiring dengan implementasi bekerja secara remote, mereka mengharapkan privasinya tetap terjaga. Untuk itulah dihadirkan TEMS MEP.

Selain itu perusahaan juga bekerja menggunakan berbagai aplikasi. Aplikasi seluler telah menjadi media utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggannya juga. Seiring berlanjutnya tren ini, perusahaan perlu memastikan bahwa data dan privasi pelanggan terlindungi dari seluruh ancaman siber. Maka dari itu, TEMS MAP hadir.

Melalui kemitraan dengan Lookout, Telkomsel memastikan bahwa TEMS Mobile App Protection telah mengikuti peraturan perlindungan data nasional dan internasional serta menerapkan lapisan keamanan yang efisien untuk melindungi data perusahaan.

“Mengutip Asia Times, cybercriminals meningkatkan serangan yang berfokus pada orang-orang pada bisnis, dan yang paling umum dari semuanya adalah serangan phishing itu sendiri. Kami bangga dapat bermitra dengan Telkomsel, penyedia solusi mobilitas dan bisnis terkemuka di Indonesia, untuk memberikan keamanan melalui solusi mobile endpoint security dengan perlindungan phishing dan konten untuk pelanggan enterprise di Indonesia,” ujar General Manager of Carrier Partnerships Lookout Firaz Azmeh.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)