Agar Milenial Tergiur Investasi Sejak Dini

Ovo dan Bareksa bersinergi meluncurkan fitur Invest di aplikasi Ovo. Tujuannya untuk mendorong generasi milenial melakukan investasi reksadana sejak dini.

“Terobosan ini merupakan yang pertama di Indonesia dengan melakukan integrasi e-money dan e-investment," kata Presiden Direktur Ovo dan Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra.

Sebelumnya, Alipay dan Yu’e Bao di China telah mencatatkan sukses besar dalam mengenalkan investasi reksa dana secara masif di kalangan milenial. “Kami telah berkonsultasi dengan Bank Indonesia (BI) dan OJK dan telah mendukung kami, pro-inovasi dan visioner dalam pemanfaatan tekfin bagi peningkatan inklusi keuangan dan pendalaman pasar keuangan kita,” kata dia menambahkan.

Menukil data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Indeks Inklusi Keuangan di Indonesia saat ini mencapai 76,2%, sementara tingkat literasi keuangan menunjukkan angka yang masih rendah yaitu sebesar 38,0%, di mana literasi di area pasar modal hanyalah 1,7%.

Data ini berbanding lurus dengan survei yang dilakukan oleh Ovo dan Kantar terkait dengan kebiasaan investasi pada generasi milenial, yang menemukan bahwa 6 dari 10 responden lebih suka memiliki tabungan daripada berinvestasi. 50% responden juga menilai investasi reksa dana memiliki risiko terlalu tinggi untuk keuangan mereka, salah satunya karena proses pencairannya yang tidak ramah dan lama untuk mendapatkan keuntungan.

Adapun produk yang tersedia pada aplikasi Ovo adalah reksa dana pasar uang Manulife Ovo Bareksa Likuid (Mobli) yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia. “Kami ingin mengembangkan industri reksa dana di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan kegiatan edukasi finansial dan terus berinovasi serta berkolaborasi dengan para mitra untuk memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia ke produk reksa dana,” ujar Afifa, Presiden Direktur Interim dari Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Layanan Mobli memungkinkan investor bisa mulai berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10.000 dengan Ovo Cash. Selain itu, investor juga dapat mencairkan investasi mereka langsung ke saldo Ovo Cash, sehingga dapat segera digunakan untuk bertransaksi.saat ada kebutuhan.

Mobli juga diklaim cocok bagi investor profesional yang ingin melakukan diversifikasi aset karena memiliki imbal hasil investasi yang menarik dengan tingkat risiko yang relatif rendah. Investor pun tidak akan dibebankan biaya pembelian maupun pencairan dana investasinya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)