Agar Perancang Muda Melek Cara Dagang Masa Kini

Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 akan digelar. Seperti tahun-tahun sebelumnya perhelatan fesyen akbar ini mengusung tema heritage Indonesia.

Heritage sejak awal diletakkan sebagai jiwa IFW karena ini menunjukkan karakter suatu bangsa. Dalam rangkaian IFW 2018 juga dilakukan pemilihan perancang muda berbakat. Tahun ini, Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC) menggandeng Tokopedia.

Ajang IYFDC merupakan kompetisi para perancang muda tanah air yang merupakan upaya IFW mendukung industri kreatif Indonesia terutama rancangan dengan identitas Indonesia.

"Kekayaan Indonesia bisa menjadi modal untuk perancang muda menggali kreativitas. Namun, mereka juga harus update dengan cara berdagang dan revolusi industri saat ini. Maka itu kali ini kami gandeng Tokopedia, mereka akan menjadi kanal bisnis para perancang ini juga dididik oleh Tokopedia," tutur Poppy Darsono, President IFW 2018.

Pembinaan para desainer muda ini juga dilakukan bersama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Peran Tokopedia mendidik bagaimana mereka memiliki standarisasi dan menjadi perancang muda yang kompetitif serta sukses dengan cara dagang masa kini. Maka itu, misi dari kompetisi ini adalah mencari talenta baru yang tidak hanya kreatif dan inovatif tapi juga memiliki sebuah kreatifitas yang dikaitkan dengan bisnis.

Tokopedia yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan ’daIam jaringan’ di Indonesia, mengusung modeI bisnis marketplace, memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand membuka dan mengelola toko daring. Dengan penawaran jutaan produk yang di antaranya adalah fashion dan aksesories, Tokopedia selalu mendukung tumbuhnya industri kreatif di Indonesia, saIah satunya melalui IFW.

Misi Tokopedia adalah mewujudkan pemerataan ekonomi secara digitai. Tokopedia ingin siapa saja bisa memuiai dan membangun bisnis tanpa harus pindah ke kota yang Iebih besar, sekaligus memastikan siapa saja bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang sama dengan yang dijual di kota besar.

OIeh karenanya, Tokopedia berharap kreasi yang dihasilkan oleh para desainer Iokal ini bisa dijangkau oleh Iebih banyak masyarakat Indonesia Iewat platform digitalnya sehingga bersama-sama mewujudkan mimpi dimulai dari Tokopedia.

Poppy yang juga Ketua Dewan APPMI menjelaskan dari total 205 orang peserta yang mendaftar untuk IYFDC 2018, pada 5 Desember 2017 telah terpiIih 29 peserta yang masuk tahap semifinal. Mereka diwajibkan datang ke Jakarta untuk mempresentasikan rancangannya pada penjurian tahap kedua. Pengumuman pemenangnya sendiri baru pada Maret tahun depan.

Dewan juri yang terdiri dari Harry Ibrahim, Misan Kopaka, dan Ai syarief, hari ini melakukan seleksi secara ketat dengan memerhatikan detail dan kriteria seperti konsep yang digunakan untuk busana siap pakai, kesesuaian dengan tema ’Cultural ldentity’, desain yang inovatif, aplikasi nilai budaya dan kekayaan Iokai serta daya pakai dan daya jual dari rancangannya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!