Agar Wirausahawan Perempuan Makin Berdaya

Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April mengingatkan kita tentang bagaimana perempuan Indonesia lebih berdaya dan mandiri. Dengan semangat yang sama, bersama WhatsApp, Prana Dinamika Sejahtera (PDS), merupakan perusahaan yang menaungi brand gaya hidup Femina, Gadis, Ayahbunda, Parenting Indonesia dan 94,7 U FM menggaungkan kampanye #SeeUsHearUs.

Dalam kampanye tersebut, para wirausaha perempuan saling dukung untuk bisa naik kelas usahanya. Salah satu langkah nyatanya adalah dengan menghadirkan Katalog WhatsApp. Katalog ini menampilkan 50 wirausaha wanita terpilih yang kesemuanya bisa berpartisipasi dengan membagikan cerita dan pengalaman mereka dalam membangun usaha.

Dengan kampanye ini, diharapkan para wirausaha perempuan dapat mendukung pemulihan ekonomi Indonesia yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19. Kampanye ini akan digaungkan sepanjang bulan April tahun ini.

Petty S Fatimah Prana, Group Editorial Director menjelaskan kolaborasi strategis sebenarnya sudah dimulai sejak Femina menggelar program #WanWir (Wanita Wirausaha) Femina. Kolaborasi pertama dilakukan bersama Google dan Facebook dengan melakukan berbagai pelatihan digital kepada para wirausaha perempuan.

Sekarang komunitas #Wanwir yang merupakan program pengembangan komunitas UKM yang dimiliki perempuan sudah mencapai 30 ribu lebih yang aktif sejak Femina mengagasnya pada 2008. Sejak awal digagas, program ini bertujuan untuk mengakselerasi potensi dan kinerja pengusaha perempuan di Indonesia dengan program holistik dari pelatihan hingga kompetisi.

Selanjutnya Petty mengatakan bahwa pengembangan Komunitas #Wanwir menjadi cara yang nyata dan terukur bagi Femina untuk mengimplementasikan misi dan visinya dalam mensejahterakan perempuan Indonesia melalui kemandirian ekonomi. Dalam hal ini bagi mereka yang menjadi wirausahawan.

Sejak awal pandemi di awal tahun 2020, komunitas ini melakukan inovasi dengan berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina dengan melakukan online training yang telah menjangkau hingga 26.696 pemirsa. Diharapkan online training yang diadakan dengan menghadirkan pelatih-dan pelaku usaha sukses di Indonesia, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, dan keterampilan di bidang teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

“Program kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dan WhatsApp dengan pembuatan Katalog WA dan Sharing Cerita Bisnis benar-benar sebuah breakthrough di saat yang tepat. Setelah mengikuti berbagai pelatihan pengembangan keterampilan wirausaha sebelumnya, Katalog WA dan sharing cerita bisnis menjadi etalase usaha yang langsung meluaskan pasar. Sungguh sebuah program pengembangan peran perempuan yang nyata dalam menggerakkan ekonomi Indonesia,” kata Petty .

Yudha Kartohadiprodjo Prana Dinamika Sejahtera CEO mengatakan bahwa wirausaha perempuan Indonesia harus mengambil peran lebih dalam perekonomian nasional. Ia melihat terutama dari 50 wirausaha perempuan yang masuk dalam katalog Whatsapp, dari cerita mereka, bahwa mereka bisa melewati setiap kondisi berat dalam membangun bisnis. Tentu saja, diharapkan bisa menginspirasi wirausaha perempuan lainnya di Indonesia. “Katalog yang kami hadirkan ini bukan sekadar deretan profil wirausaha perempuan, tapi dengan platform Whatsapp dengan scan barcode katalog, bisa terhubung untuk berbelanja produk UKM yang dibangun oleh perempuan,” ujarnya.

Para wirausaha diajak untuk mengunggah cerita kewirausahaan “Cerita Bisnisku” mereka melalui QR code ke situs mini SeeUsShare, yang khusus diciptakan untuk kampanye ini. Kolaborasi ini merupakan inisiatif kampanye yang diklaim pertama kali dilakukan di dunia antara aplikasi perpesanan dengan platform media.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)