Agen Asuransi Jiwa Didorong Berprestasi Maksimal Tingkat Global

Penyelenggaraan MDRT Day Indonesia 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat kondisi Covid-19. Untuk itu acara digelar secara Live Virtual. “Meski dalam bentuk live virtual event, namun pertunjukan tidak kalah dari seminar-seminar MDRT Indonesia tahun-tahun sebelumnya,” papar Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2020, Hidayatus Solicha (24/9/2020).

Tujuan dari penyelenggaraan MDRT Day untuk memberikan wawasan dan berbagi kisah inspiratif di kalangan agen asuransi jiwa, mendorong profesionalisme agen asuransi melalui peningkatan kompetensi, yang tidak hanya berdampak pada produktivitas, tetapi juga yang lebih mendasar adalah kapasitas agen asuransi sebagai financial planner yang handal di sektor asuransi dan dapat bersaing sebagai advisor di pasar keuangan global.

Tahun ini Seminar MDRT Day Indonesia 2020 dengan tema MDRT Up #UpClimb #UpGrade #UpScale. Tema ini bertujuan mendorong para agen asuransi mencapai pencapaian terbaiknya di tahun 2020. Mulai dari UpClimb yaitu agar para agen asuransi yang belum mencapai MDRT diharapkan dapat mencapai MDRT, yang sudah mencapai MDRT bisa mencapai COT (Court of The Table) dan bagi yang telah mencapai COT dapat mencapai ke level berikutnya yaitu TOT (Top of The Table). Sedangkan UpGrade yaitu diharapkan para agen asuransi dapat mengupgrade dirinya baik skill maupun knowledge. Sementara UpScale yaitu para agen asuransi Indonesia diharapkan bukan hanya jagoan di Indonesia saja tapi juga mampu menjadi agen kelas dunia.

Country Chair MDRT Indonesia, Miliana Marten mengatakan, tantangan komite MDRT saat ini adalah bagaimana meningkatkan jumlah anggota MDRT di Indonesia. Karena perbandingan jumlah agen asuransi di Indonesia dengan jumlah agen MDRT Indonesia hanya 0,5 persen saja dibandingkan dengan jumlah agen yang ada saat ini.

“Diharapkan dengan meningkatnya jumlah agen MDRT di Indonesia maka akan semakin banyak agen-agen asuransi bertaraf internasional, sehingga akan meningkatkan kualitas agen asuransi di Indonesia. Dengan meningkatnya kualitas agen asuransi maka nasabahpun akan mendapatkan pelayanan yang sangat profesional sesuai code of ethics MDRT. Jadi tantangan kami adalah meningkatkan jumlah anggota MDRT dan menularkan spirit MDRT agar semakin banyak agen-agen asuransi yang berpredikat MDRT sehingga nasabah dapat terlayani dengan baik,” kata Miliana.

Untuk itu, setiap tahunnya, MDRT Day Indonesia selalu mendatangkan pembicara-pembicara handal, baik pembicara lokal maupun mancanegara dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengalaman baru bagi para agen asuransi jiwa. Pembicara yang hadir dalam MDRT Day Indonesia 2020 sebagian besar merupakan para agen profesional yang telah menjadi angggota MDRT selama lebih dari 10 tahun.

“Dengan demikian MDRT Day menjadi momen berharga bagi para agen karena dapat menerima pemaparan dari para pembicara berkelas dan sarat pengalaman, yang tentunya dapat terus mendorong produktivitas dan profesionalisme agen asuransi jiwa sebagai financial planner yang handal di sektor asuransi,” papar Miliana. Inilah kelebihannya jika agen asuransi jiwa bergabung dalam wadah MDRT. Karena dengan menjadi anggota MDRT, jelas Miliana, para agen asuransi banyak mendapatkan first idea dari praktisi secara langsung. Selain itu, anggota MDRT bisa mengikuti Annual Meeting tahunan.

Di ajang MDRT Day Indonesia tahun ini, panitia menghadirkan inspirasi pembicara Ian Green, President MDRT Internasional termuda, yang telah 22 tahun menjadi anggota MDRT dengan 5 kali COT dan 14 kali TOT serta sejumlah luar negeri dan dalam negeri lainnya.

Hingga Juli 2020, jumlah anggota MDRT Indonesia sebanyak 2.745 orang atau meningkat 12% dibandingkan dengan tahun 2019 yang berjumlah 2.459 orang. Dan Indonesia tahun ini masuk dalam urutan ke 8 top member seluruh dunia. “Untuk tahun 2021 kami menargetkan jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 3.500 member,” ungkap Miliana.

Miliana mengakui bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya asuransi. “Sekarang nasabah pun sudah semakin cerdas, mereka mencari agen yang berkualitas dan mampu memberikan proteksi dan solusi keuangan bagi nasabahnya. Itu menjadi tantangan kami untuk terus meningkatkan jumlah member MDRT dan kapasitasnya,” jelas Miliana.

Apalagi dengan munculnya fintech dan digitalsasi di sektor asuransi jiwa justru mendukung perkembangan asuransi jiwa, karena memudahkan dalam bertransaksi, edukasi, dan lainnya. ”Dengan teknologi akan semakin banyak orang yang melek asuransi, karena teknologi-teknologi baru ini sangat mendukung industri asuransi dan indutri asuransi juga bergerak di bidang finansial,” jelasnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)