Airy Community Siap Melatih 4.000 Tenaga Kerja

Data World Travel and Tourism Council (2019) mencatat Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara dengan pertumbuhan kinerja pariwisata tertinggi di dunia. Industri pariwisata memang menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia.

Tren budget travel menjadi salah satu pendongkrak yang dipengaruhi faktor akomodasi seperti hotel/penginapan. Besarnya potensi ranah perhotelan di Indonesia terlihat dari nilai pemesanan kamar hotel secara daring yang mencapai US$ 2,2 juta (Statista 2019).

Namun, riset Travel and Tourism Competitiveness Report (2017) menyatakan bahwa performa sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam indeks daya saing pariwisata menempati posisi 64 di dunia, bahkan peringkat 4 terakhir di ASEAN.

Memahami krusialnya kualitas ketenagakerjaan pariwisata tersebut terutama di ranah perhotelan, Airy sebagai perusahaan Accomodation Network Orchestrator (ANO) di Indonesia, memperkenalkan kembali program Airy Community. Platform pelatihan ini menjadi gagasan Airy untuk menstandardisasi mutu layanan properti hotel/penginapan di bawah naungannya. Sepanjang 2019, Airy akan menjalankan rangkaian pelatihan, terutama aspek housekeeping dan front office, dengan target hingga 4.000 karyawan mitra properti.

“Kami tidak ingin hanya berkutat pada pemutakhiran teknologi saja, namun juga terlibat langsung memformulasikan dan membangun platform yang mampu memberdayakan SDM perhotelan di Tanah Air. Lahirnya Airy Community, kami harap menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata Indonesia,” ujar Danny Handoko, CEO Airy.

Program ini pertama kali dijalankan pada 2018 dan Airy Community telah sukses melibatkan 594 peserta dengan lokasi pelatihan di berbagai daerah; meliputi Jabodetabek, Malang, Samarinda, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Tahun ini, Airy Community akan menggaet jumlah partisipan yang lebih banyak, hingga 4.000 orang, dan diimplementasikan di 13 kota berbeda.

Danny menjelaskan, pelatihan di Airy Community akan memprioritaskan para tenaga kerja dari hotel/penginapan mitra Airy terlebih dahulu. Dalam pelaksanaannya, pelatihan tersebut akan berbentuk roadshow dan menggandeng para ahli.

“Bentuknya seperti roadshow, kami akna datang ke tempat-tempat mitra. Terutama pelatihan untuk front office dan housekeeping agar terbentuk standardisasi. Kami mengajak sejumlah trainer dari Airy juga dari institusi dan hotel experts,” jelasnya.

Menurut Danny, gagasan Airy lewat Airy Community menjadi terobosan dalam penguatan kapasitas SDM, dan merupakan langkah yang selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang berfokus pada upaya peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas.

Sementara itu, dari sisi teknologi, Airy mendampingi para mitra properti – beserta karyawan-karyawannya, dengan Property Management System, berupa dashboard berbasis daring dengan fitur-fitur seperti Booking and Reservations System, dan Finance System, yang mudah diakses secara real time dan menyajikan informasi secara transparan. Hasilnya, Airy berhasil mendorong tingkat okupansi para mitra pemilik properti kategori Airy Flagship hingga 60-70% per bulan, bahkan mengurangi biaya operasional sebesar 30-35%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Hotel

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)