Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Pintu Baja di Rumah

Penggunaan pintu baja cukup praktis dan memberikan rasa aman (foto: ist)

Penggunaan pintu berbahan plat baja kini cukup banyak digunakan pada ruangan di rumah modern sejak beberapa tahun belakangan. Pasalnya, selain durabilitasnya lebih tinggi dari pintu kayu, PVC, akrilik atau engineered wood, pintu ini juga tahan rayap dan anti dibobol maling. Penggunaan pintu baja cukup praktis dan memberikan rasa aman, terlebih untuk rumah besar dengan aset-aset penting di dalamnya.

Gakaxy Door adalah contoh dari pintu berbasis plat baja yang didistribusikan PT Jaya Bersama Saputra (JBS) Perkasa. Menurut Presiden Direktur PT Jaya Bersama Saputra (JBS) Joni Effendi, kesulitan mendapatkan kayu solid yang baik, perkembangan desain arsitektur, tuntutan ketahanan, kepraktisan dan keamanan, mendorong minat konsumen menggunakan pintu baja untuk huniannya.

“Semakin majunya zaman, semakin banyak teknologi yang memungkinkan munculnya beragam jenis, desain, ukuran, serta bahan daun pintu. Pengalaman panjang kami selama 18 tahun di industri pintu berbahan plat baja, membuat kami paham bahwa tampilan rumah yang indah merupakan harapan dan kebutuhan setiap orang,” ujar Joni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (20/11/2021).

Galaxy Door hadir melengkapi rangkaian pintu Fortress Series keluaran JBS Perkasa. Jika sebelumnya pada tahun 2014 JBS Perkasa merilis Fortress Urban dan Metal yang melayani segmen menengah ke bawah dan tahun 2019 merilis Fortress Prime dan Marble untuk segmen menengah, maka Fortress Galaxy ini hadir melengkapi sekaligus mengisi kebutuhan pintu baja premium untuk kelas menengah atas (middle high) di Indonesia.

Kesan kokoh pada pintu muncul lantaran Fortress Galaxy terbuat plat baja. Sementara corak tembaga (copper) pada finishing akhir memberikan kesan elegan dan keseimbangan warna. Lantaran premium, tentu fiturnya tidak seperti pintu konvensional.

“Tujuh anak kunci komputer dengan sistem A-B lock system pada pintu baja ini memungkinkan tidak semua orang dapat masuk rumah kendati pernah mengakses kunci pintu rumah. Ini karena dari tujuh kunci tersebut, ada dua kunci yang ketika sudah dipakai dalam waktu tertentu tidak akan bisa digunakan untuk membuka pintu rumah lagi karena pola anak kunci sudah berubah. Jadi, sangat sulit untuk diduplikat,” kata Hens Barend, National Sales Manager JBS Perkasa.

Meskipun terbuat dari baja, pintu konsisten mampu meredam suara bising saat diketuk. Fitur honeycomb paper yang disematkan di antara dua sisi kusen (konstruksi sandwich) sebagai bahan core membuat pintu lebih stabil dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk. “Bila pintu diketuk maka suaranya sangat teredam. Bunyi ketukannya seperti pintu kayu,” terang Hens.

Manager Marketing JBS Perkasa, Birama Samudra, menyebut tren pintu saat ini tak hanya pelengkap suatu bangunan, tetapi juga harus memberi estetika. “Trennya, saat ini pintu lebih untuk menghadirkan ruh atau style sebuah bangunan. Bila dulu pintu merupakan perantara antara lingkungan luar dan dalam rumah sekaligus penjaga privasi penghuninya, sekarang pintu harus bisa menambah nilai estetis,” jelasnya.

Beberapa jenis dan model pintu rumah menjadikan kesan bangunan menjadi modern, sementara yang lainnya membuat bangunan terasa lebih klasik. “Bangunan rumah merupakan cerminan pemiliknya. Maka itu, kami juga melansir banyak pilihan motif dan warna dengan berbagai karakter mulai dari minimalis, modern dan futuristik. Pertimbangan konsumen memilih pintu tidak hanya dari sisi fungsional, tetapi menaruh ekspektasi lebih seperti keamanan, keindahan dan daya tahannya,” ungkap Birama. Kiprah JBS Perkasa telah dimulai sejak tahun 2003 sebagai subtitusi pintu kayu solid yang kian langka dan harganya semakin mahal.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)