Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua

Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Grup Alibaba, merilis data center keduanya di Indonesia. Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia, Leon Chen, menuturkan, penggandaan ini ditujukan untuk menambah kapasitas data center Alibaba, serta memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat setelah peluncuran data center pertamanya pada Maret 2018 lalu.

“Alibaba Cloud adalah satu-satunya perusahaan global penyedia layanan komputasi awan yang memiliki data center di Indonesia,” ujar Leon. Kedua data center tersebut memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik.

Alibaba Cloud juga akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat. Juga, menawarkan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal. “Dengan konektivitas yang lebih baik dan komunitas digital yang berkembang pesat, Indonesia menghadirkan peluang besar bagi perusahaan lokal dan global,” ungkap Leon.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang turut hadir dalam peluncuran ini menyambut baik langkah Alibaba, karena sejalan dengan Visi Ekonomi Digital Indonesia. "Target kami adalah untuk mendorong decacorn dan unicorn baru, mempercepat pertumbuhan setidaknya 1.000 perusahaan rintisan, dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM, untuk go digital,” katanya.

Namun, Rudiantara berharap Alibaba dapat turut serta dalam pengembangan pendidikan digital di Indonesia. "Kita welcome terhadap investor yang bisa memberi nilai tambah bagi Indonesia. Pertama manfaat layanan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Kedua mereka juga ikut bantu dalam mengembangkan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). TKDN ini adalah sumber daya manusia, karena TKDN yang paling strategis adalah SDM, bagaimana mereka ikut mengembangkan kapasitas SDM Indonesia dalam konteks digital," ujar Rudiantara.

Pada acara yang bertajuk "Hello Indonesia 2019" ini pun, Alibaba Cloud mengumumkan peluncuran Program Internet Champion Global Accelerator, sebuah program pemberdayaan perusahaan dan talenta lokal, yang berkontribusi terhadap perwujudan visi “Go Digital 2020” Indonesia. Dalam program ini, Alibaba Cloud memberikan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan dan para profesional. Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global lainnya.

Alibaba Cloud membuka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat start-up dan perusahaan, dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group. Program ini akan berlanjut ke Bali pada tanggal 12 Januari mendatang untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa.

Alibaba Cloud juga terus memperkuat jaringan lokalnya dengan mitra seperti PT IndoInternet, PT Blue Power Technology, dan PT Sistech Kharisma. Hari ini, Alibaba Cloud mengumumkan kemitraan strategis dengan PT IndoInternet sebagai distributor produk komputasi awan dan teknologi Alibaba Cloud.

"Berkembangnya kebutuhan pasar membuat eksistensi produk dan layanan teknologi yang andal serta berbiaya efisien menjadi semakin penting. Adanya kerja sama ini tidak hanya dapat membantu kami memenuhi dan mendukung permintaan pasar yang terus meningkat, tetapi juga menambah pengetahuan teknologi, produk, dan standar layanan para mitra solusi kami,” kata David Tandianus, Direktur PT IndoInternet.

Sementara itu, dengan peluncuran ini, Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia. “Dengan menggandakan kapasitas data center kami dan meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator di Indonesia, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam,” kata Leon.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)