Alibaba Tambah Investasi di Lazada Group US$2 Miliar

Alibaba Group Holding Limited menyuntikkan modal lagi ke Lazada Group sebesar US$ 2 miliar. Langkah ini diambil untuk mempercepat rencana pertumbuhan Lazada sebagai platform e-commerce terbesar Asia Tenggara dan memperdalam integrasinya ke ekosistem Alibaba.

Dengan penambahan dana yang diumumkan hari ini, Alibaba sudah berinvestasi sebanyak US$ 4 miliar untuk Lazada Group. Marketplace ini sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pada 2016, Alibaba telah mengakuisisi Lazada Group melalui investasi sebesar US$1 miliar. Selanjutnya, tahun 2017, Alibaba menambah jumlah saham yang dimiliki menjadi 83% melalui penambahan investasi sebanyak US$ 1 miliar.

Investasi tambahan ini menunjukkan keyakinan Alibaba atas potensi kesuksesan Lazada, dan prospek perkembangan pasar Asia Tenggara, sebagai wilayah yang memegang posisi penting dalam strategi mengembangkan bisnisnya secara global.

Melalui investasi tambahan ini, proses integrasi Lazada ke dalam ekosistem Alibaba diharapkan akan berjalan lebih lancar. Proses integrasi tersebut akan memudahkan Lazada untuk menggunakan sumber daya Alibaba untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya dan dapat memfasilitasi pemberdayaan para penjual di seluruh Asia Tenggara lebih baik lagi melalui berbagai inovasi.

Penambahan dana ini juga wujud komitmen Alibaba untuk menghadirkan kesempatan yang lebih luas bagi para talenta setempat dalam berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi digital di negara mereka masing-masing.

Selain komitmen Alibaba dalam bentuk sumber daya dan pendanaan, jajaran direksi Lazada telah menyetujui perubahan manajemen. Untuk mendukung strategi pertumbuhan Lazada, Lucy Peng, yang saat ini menjabat sebagai Chairman Lazada, akan menduduki posisis sebagai Chief Executive Officer Lazada Group.

Lucy Peng merupakan salah satu dari 18 pendiri Alibaba dan senior partner di Alibaba Partnership. Pendiri Lazada, Max Bittner, yang telah menjadi CEO Lazada Group sejak tahun 2012, akan diangkat sebagai Senior Advisor untuk Alibaba Group dan membantu proses transisi dan pengembangan strategi global di masa mendatang.

Dengan demografi populasi yang muda, penetrasi mobile yang tinggi, dan baru 3% dari total penjualan retail dilaksanakan secara online, Alibaba sangat yakin dapat meningkatkan dan melipatgandakan pertumbuhannya di Asia Tenggara. "Lazada memiliki posisi yang baik untuk melangkah ke tahap selanjutnya dari internet-enabled commerce di wilayah ini”, ujar Peng.

“Pada kepemimpinan Max Bittner, Lazada menjadi organisasi yang kental akan kewirausahaan, dengan pertumbuhan yang pesat dan mampu meningkatkan nilai saham dengan sangat signifikan dalam beberapa tahun ini”, lanjut Peng.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)