Allianz Discover Mempersingkat Proses Penjualan Agen

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia (tengah)

PT Asuransi Allianz Life Indonesia memperkenalkan pembaruan aplikasi digital, Allianz Discover, untuk para tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan. Aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2015 ini, membantu para tenaga pemasar mempersingkat proses penjualan.

Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Indonesia, mengatakan, ada dua permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah asuransi. Pertama, masih banyak nasabah membeli asuransi, tapi tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki. apakah sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Kedua, banyak nasabah membeli asuransi tapi tidak memahami dengan jelas apakah asuransi yang sudah mereka beli itu mencukupi kebutuhan mereka nantinya.

“Nasabah dan
tenaga pemasar bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di
dalam aplikasi Allianz Discover.” kata dia. Karin melanjutkan
dengan aplikasi ini, nasabah dapat menentukan jenis perlindungan apa
yang paling sesuai untuk mereka. Selain itu, aplikasi ini juga
menyediakan informasi kebutuhan finansial dan risiko, sehingga tenaga
pemasar dapat memberikan informasi kepada nasabah untuk menentukan
perlindungan asuransi sesuai kebutuhan.

Berdasarkan riset Accenture mengenai "Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia", dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang temasuk di dalam segmen mileniai, kelas menengah dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan offline. Adapun sebanyak 46% hingga 57% calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.

“Aplikasi ini
merupakan gabungan dari solusi digital dan interaksi langsung antara
tenaga pemasar dan nasabah. Aplikasi ini digunakan untuk memahami dan
menetukan sendiri jenis perlindungan apa yang memang dibutuhkan oleh
nasabah,” kata Ginawati Djuandi, Chief Agency Officer Allianz Life
Indonesia. Pengembangan aplikasi penjualan digital Allianz Discover
ini selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan
perusahaan di bidang pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara
nasabah dan tenaga pemasar.

“Kami menyadari
nasabah membutuhkan informasi perlindungan asuransi sebanyak dan
secepat mungkin, tanpa kehilangan relasi manusia,” kata dia
menambahkan. Namun sayangnya, saat ditanya berapa target penambahan
nasabah yang akan dicapai melalui aplikasi ini, Karin tidak
menjawabnya secara rinci dan spesifik. “Target penambahan nasabah
secara keseluruhan pada tahun 2019, bukan hanya dari aplikasi ini
saja, targetnya belasan digit. Namun yang jelas pada desember 2018
saja, 65% dari total aplicant, men-submit mealui Allianz Discover,”
kata dia menambahkan.

Ke depan, pihaknya membocorkan akan mengembangkan inovasi yang akan bekerjasama dengan e-commerce. Dimana nasabah nantinya akan dapat membeli asuransi melalui platform e-commerce.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)