Ambisi Gio Cardin Kenalkan Sepatu Lokal ke Kancah Global

Bisa menembus pasar global menjadi impian sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia. Sayangnya, masih sedikit produk usaha mikro kecil dan menengah yang bisa menembus pasar internasional. Karenanya, pemerintah terutama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi mendukung pelaku UMKM ini untuk bisa menembus pasar ekspor.

Salah satu pelaku UMKM yang ingin mewujudkan impian itu adalah Gio Cardin. Visi dari usaha sepatu lokal Indonesia yang berada di Bandung ini  antara lain ingin memperkenalkan produk hasil karya anak bangsa ke kancah dunia.  Tidak hanya itu, usaha yang masih mengandalkan pengerjaan manual atau handmade ini juga ingin berkolaborasi dengan para pelaku UMKM lainnya sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Hingga kini kami sudah bekerja sama dengan dua perajin sepatu terbaik, di mana mereka juga mempekerjakan masyarakat sekitar untuk membantu merakit sepatu Gio Cardin ini. Kami ingin tumbuh bersama dengan para UMKM ini dan motivasinya sama-sama berupaya agar bisa naik level secara bersama juga,” kata pemilik brand Gio Cardin,  Shendy dalam keterangan tertulisnya.

Pria pecinta karya seni  ini mengatakan produk lokal Indonesia itu sangat dihargai dunia. Inilah salah satu yang membuatnya bercita-cita ingin memperkenalkan produk sepatu lokal Gio Cardin ini ke kancah dunia. “Karena dulu saya pernah membeli sebuah produk branded  di department store yang mereknya dari luar negeri.  Tapi ketika saya lihat made in-nya ternyata made in Indonesia. Nah, dari situ saya kepikiran bahwa sebetulnya produk kita itu dihargai oleh dunia. Namun mindset kita saja yang terkadang mengganggap bahwa made in Indonesia  itu jelek,” ucapnya.

Impian itu pun kini mulai terlihat. Beberapa masyarakat di Jepang, Malaysia, dan Singapura, yang sudah membeli sepatu Gio Cardin ini menyatakan puas.  “Kesan pembeli  luar dari feedback yang mereka sampaikan melalui penjualan online kami, mereka mengatakan cukup puas dengan sepatu yang kita jual,” tutur Shendy.

Seiring berjalannya waktu, usaha yang dimulai sejak tahun 2009 ini pun semakin berkembang dengan melakukan diversifikasi produk sepatu dengan siluet yang paling simpel dan minimalis, yaitu sepatu sneaker Low Ankle Hover Series 01. Sepatu ini ditujukan untuk menemani hari-hari para customer yang super sibuk dengan mobilitas yang tinggi. Termotivasi dari kesibukan zaman modern, Hover dirancang menggunakan bahan premium yang sangat lembut dan teknologi absorb+ pada insole Gio Cardin untuk selalu menjaga kenyamanan kaki pemakai.

”Keuntungan sepatu ini bagi pemakai adalah, dia tidak terlalu rumit untuk menentukan outfit apa yang bisa dicocoki karena secara umum sepatu ini bisa dipakai untuk outfit apa saja. Kami ingin dalam situasi casual maupun situasi formal, pemakai bisa memakai sepatu Gio Cardin. Waktu terhemat, energi terhemat, dan fokus sama hal yang lebih penting dibanding cuma hanya memilih-milih sepatu yang cocok,”  katanya.

Shendy mengatakan Gio Cardin baru saja berkolaborasi dengan seorang artis lokal untuk melukis di sepatu dengan bertemakan binatang langka Indonesia.  “Kami ambil tiga binatang, yaitu Jalak Bali, Cendrawasih, dan Harimau Sumatera untuk dilukis di sepatu kami,” ujarnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)