Anabatic dan IBM Rancang Platform untuk Digitalisasi Perbankan

Tan Wijaya, Country Manager Systems, IBM Indonesia bersama dengan Hendra Halim, Direktur PT Anabatic Technologies Tbk, Hans Dekkers, General Manager, IBM, Adriansyah Adnan, CEO PT Anabatic Digital Raya, Kenny Hay, Director, Cloud and Solution, IBM ASEAN pada saat penandatanganan MoU

PT Anabatic Digital Raya dan IBM Indonesia menandatangani MoU di Jakarta (19/7/2018) untuk bekerja sama menyusun PocketBank, platform yang bertujuan untuk membantu perbankan dalam menjawab tantangan transformasi bank digital. PT Anabatic Digital Raya merupakan anak usaha dari PT Anabatic Technologies yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi.

Platform PocketBank diharapkan membantu dapat pelaku bisnis keuangan di Indonesia menjawab kebutuhan branchless banking, e-money, mobile banking, customer application dan  aplikasi untuk agen asuransi. Melalui kerja sama ini, Anabatic menargetkan pelanggan di Indonesia dan kawasan regional ASEAN pada tahun 2018.

Latar belakang dibangunnya kerja sama ini adalah data yang menunjukkan bahwa dari total populasi 265,4 miliar orang Indonesia, hanya 36% yang memiliki rekening bank. Padahal, di Indonesia sendiri terdapat 415,7 juta koneksi, 157% dari total populasi. Artinya, banyak orang yang tidak memiliki rekening bank namun terhubung dengan internet.

Hendra Halim, Direktur PT Anabatic Technologies Tbk., menyatakan, “Saat ini disrupsi digital telah ada di depan mata, berbagai perusahaan dalam aneka bidang sudah mulai mengubah pola berbisnis dengan mengikuti perkembangan ini. Salah satu contoh disrupsi digital dunia bisnis adalah maraknya pemanfaatan teknologi di berbagai layanan pelanggan. Dengan latar belakang inilah kami membuat PocketBank di Indonesia. Kami juga sangat optimis jika melalu kerja sama dengan IBM Indonesia akan membantu dunia keuangan di Indonesia untuk semakin maju dan dapat memanfaatkan teknologi untuk bisnis yang efektif dan efisien melalui PocketBank.

Sementara itu, dalam mendukung perkembangan teknologi digital, dibutuhkan perangkat hardware dan software yang mumpuni dan dapat digunakan di semua platform seperti IBM LinuxOne. Novan Adian, Country Manager Global Business Partner IBM, mengatakan, “Saat ini kita berada di era digital dimana transaksi melalui aplikasi mobile membutuhkan dukungan perangkat seperti LinuxOne yang memiliki performanace handal, tingkat keamanan yang tinggi, high availability yang di desain untuk meminimalisasi downtime, cloud ready, serta scalable yang memudahkan adanya pertumbuhan transaksi tanpa berdampak pada proses yang berjalan. LinuxOne yang mendukung kerja PocketBank akan memudahkan perusahaan untuk fokus memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.”

Adriansyah Adnan, CEO PT Anabatic Digital Raya, menambahkan,  PocketBank merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh pengguna jasa keuangan untuk melakukan transaksi keuangan di mobile, misalnya proses transfer, cek saldo, penarikan uang bahkan dapat memerankan peran perbankan seperti melakukan proses transfer ke seseorang yang tidak memiliki rekening di bank yang sama menggunakan penerima transfer melalui nomor telepon mobile dengan kode unik. Nanti penerima transfer dapat menukarkan kode unik pada agen di daerahnya.

“Bagi bank, PocketBank ini memberikan manfaat maksimal karena kini mereka tidak perlu lagi membuka banyak cabang dengan investasi tinggi. Karena melalui solusi ini, bank dapat mengakses target pasar mereka dengan sistem core banking mereka yang ada di saku nasabah. Bahkan, solusi ini juga dapat menangkap semua informasi perilaku nasabah di mobile seperti informasi geografis ketika nasabah melakukan transaksi, mendeteksi OS dan tipe mobile mereka. Melalui data ini, bank dapat melakukan proses analytics terhadap perilaku nasabah mereka,” tambahnya.

Adriansyah juga mengungkapkan bahwa dengan adanya data informasi perilaku nasabah ini, bank dapat melakukan analytics untuk menemukan insight bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Beberapa contohnya adalah mengetahui platform apa yang seharusnya diprioritaskan, produk apa yang sebaiknya ditawarkan secara intensif dan preferensi untuk kenyamanan nasabah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)