Andryan Gouw Gaet 3 Juta Pengguna Nonolive

Aplikasi live streaming Nonolive yang diluncurkan pada Mei silam kini sudah menggaet 3 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, 1,5 juta merupakan pengguna aktif yang mayoritas berumur 20-40 tahun. Nonolive memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran kapanpun dan dimanapun dan berinteraksi secara langsung dengan siapapun.

Andryan Gouw - General Manager

Pesatnya jumlah pengguna aktif dalam waktu singkat, merupakan buah kerja keras Andryan Gouw, Indonesian General Manager, Tang Internet Limited. Andryan bertanggung jawab melakukan perekrutan untuk pembentukan tim di startup ini. Perekrutan dimulai dari orang-orang yang ia sudah kenal sebelumnya dari pekerjaan yang ia lakoni sebelumnya.

Setelah perekrutan, tugas berikutnya adalah mencari talent agency dan talent untuk menjadi host di Nonolive. Pria kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1985 ini menjembatani pihak management dengan pihak operation di Indonesia. “Business development menjadi salah satu hal yang saya tangani terutama dengan kerjasama dengan payment gateway lokal. Meskipun lingkup kerja saya tidak terkait teknis namun saya juga membantu pengembangan tim content monitoring lengkap dengan tool monitoringnya yang memungkinkan Nonolive memiliki konten yang selalu positif,” ujarnya.

Memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi dari RMIT University, Melbourne, Australia memungkinkannya untuk berkontribusi langsung terhadap aspek teknis dari Nonolive. Ia juga terlibat dalam pembuatan arsitektur server lokal yang membuat pengalaman live streaming di Nonolive menjadi lebih baik lagi karena menjadi satu satunya platform live streaming yang menggunakan server lokal.

Andryan memulai kariernya sebagai teknisi komputer Simple Komputer. Sebelum bergabung dengan Tang Internet Limited, Andryan sempat menjabat sebagai Vice President Business Development & IT di PT Jaring Interactive Indonesia (Go Game), Chief Operating Officer di PT Integrasi Nusa Gamindo (inGAME), Business Development Manager di PT Progressivmedia Indonesia (Mimopay), Business Development Manager di Alibaba UC Mobile Business Group / UCWeb, dan Manager (DOB) di PT XL Axiata Tbk.

Ia tertarik bergabung dengan Nonolive karena Nonolive merupakan startup dimana kontribusinya dapat langsung terlihat pada hasil kinerja perusahaan dan startup pada umumnya sangat dinamis dan agile. Selain itu ia juga melihat peluang di industri mobile live streaming begitu menarik karena potensinya begitu besar di Indonesia dimana terdapat banyak penduduknya dan banyak dari mereka yang senang bersosial-media dan infrastruktur 4G dan broadband sekaligus smartphone yang semakin canggih. “Saya sempat bekerja dengan dengan para founder Nonolive; Robin Su dan Jonathan Zhong ketika saya masih bekerja di UC Web. Atas pertimbangan-pertimbangan ini, akhirnya saya memutuskan untuk bergabung dengan Nonolive yang pada waktu itu belum memiliki karyawan di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai Indonesian General Manager, tantangan terbesar yang ia hadapi saat ini adalah orang-orang dari Tiongkok karena tim research and development Nonolive berada di Tiongkok. Industri konten entertainment merupakan sesuatu yang unik, di satu sisi konten harus menghibur dan menarik, di sisi lain konten tersebut harus dalam batas-batas norma dan budaya di Indonesia. Seringkali terjadi perbedaan pendapat mengenai batasan konten yang dapat diterima di masyarakat Indonesia karena pada dasarnya kami ingin tayangan di Nonolive menghibur dan memberikan edukasi yang positif.

Untuk tantangan eksternalnya, proses edukasi dan mengubah persepsi industri live streaming sebagai sesuatu yang positif itu pekerjaan yang tidak mudah. Banyak calon host yang tidak mengira akan potensi pendapatan dari live streaming bisa tergolong besar dikarenakan segala sesuatu yang baru membutuhkan banyak kisah sukses agar dapat terlihat menarik oleh orang lain. Namun sejalan dengan waktu, potensi ini sudah mulai dipahami oleh makin banyak orang di luar sana yang ingin berkarir di dunia entertainment.

Apa rahasia Nonolive bisa mendapatkan 1,5 juta pengguna aktif? “Sebagai mantan tim UC Browser, kami berhasil memosisikan diri sebagai mobile browser yang paling banyak digunakan di 2012 dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Waktu itu market share masih 12% sekarang sudah 60%. Rahasia dapur UC Browser inilah yang kami gunakan di Nonolive,” ujar Andryan seraya tertawa.

Kedepan, pria penyuka bulu tangkis ini, ingin segera kembali ke dunia entrepreneur dengan membuat perusahaan saya sendiri. “Ada beberapa industri yang menarik untuk didisrupt, jadi rencananya saya akan kembali berwiraswasta pada bidang yang berbeda dengan yang sekarang sedang saya jalankan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)