ANTV Bertransformasi Lewat Akademi Kepemimpinannya

Sumber foto: Kapanlagi.com

Berkat transformasi yang dilakukannya, ANTV berhasil berada di puncak pamor sebagai stasiun televisi Indonesia yang sukses merebut pangsa pasar pemirsa kompetitornya. Keberhasilan ANTV tak pelak dari pilihan program televisi yang dibesutnya, namun juga dari para karyawannya yang menjadi salah satu roda penggerak bisnis mereka.

Kesuksesan ANTV ini juga dirasakan oleh anak perusahaannya, PT Visi Media Asia Tbk. ANTV menggerakkan semangat karyawannya dengan rencana jangka panjang untuk tetap menjadi yang terdepan. Sejak 2015, ANTV serius menggarap program ANTV Leadership Academy (ALA) sebagai wadah untuk membina karyawannya. Tujuannya adalah pada strategi ANTV untuk menjadi media terdepan dengan kompetensi terdepan. ANTV berusaha untuk terus bertransformasi menjadi lebih digital lagi. “Strategi ke depannya, kami berusaha memanfaatkan core competency yang kami miliki dan diterjemahkan ke dalam program pengembangan leadership,” ujar Vice President PT Visi Media Asia, Ariyo Putro.

Lebih lanjut Ario menjelaskan, ALA disusun lebih terperinci dan berorientasi hasil. Basic leadership yang dilakukan sejak 2013 hanya sebatas training. Berbeda dengan ALA yang menjadi proyek terencana seperti sekarang. Selain membangun kompetensi leadership, ALA diperuntukan untuk melatih kejelian dalam membuat sebuah terobosan baru guna bertransformasi secara digital. “Satu batch ALA terdapat 14 peserta setiap tahunnya. Dibagi menjadi tiga tim yang masing-masing terdiri dari 4 orang dan masing-masing akan membuat satu project. Hingga saat ini telah ada 4 batch,” jelasnya. Selama 20 minggu mereka akan memperkenalkan produknya mulai dari usulan, presentasi, apps, dan berapa usernya.

Program ini diinginkan untuk menjadi leading media convergence yang memberikan kesempatan penonton agar dapat menikmati content dari multiplatform, khususnya konten-konten digital. Pengembangan konten dilakukan tidak hanya di televisi konvensional tapi juga di berbagai platform. Menurut Risya Marhamila, Chief Human Capital & General Services Officer PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), dalam ALA terdapat berbagai program turunan yang akan dijalankan dengan tiga nama proyek, yaitu Leadersku Keren, Leadersku Keren Role Model, dan Leadersku Keren Project Coaching.

Di dalam Leadersku Keren terbagi lagi menjadi level yaitu untuk ANTV Jumpstart for New Joiners, ANTV Team Leaders Development Programs for Supervisor, dan ANTV Leadership for Manager & Up. Setelah melalui fase Leadersku Keren, di tingkat Supervisor dan Manager Up akan dipaksa untuk mengikuti Leadersku Keren Role Model. “Di tahap ini mereka akan membagikan apa saja pengetahuan yang mereka miliki ke kampus rekanan ANTV untuk menjadi pengajar atau fasilitator dan bergantian mengisi sesi sharing ke perusahaan lain di grup ANTV,” jelas Risya.

Pada tahap akhir, mereka akan masuk pada Ledersku Keren Project Coaching. Disini akan diberikan pelatihan oleh fasilitator ahli dari luar dan ditantang untuk membuat satu rencana proyek yang bila memenuhi kriteria nantinya akan dipilih BOD untuk diprogramkan. Saat ini populasi karyawan di ANTV didominasi generasi milenial, dengan porsi 43%. Risya mengklaim angka turn-over di ANTV terbilang kecil dibandingkan rata-rata industri. “Sejauh ini angka turn-over di perusahaan kecil, karena kami menciptakan lingkungan kerja yang nyaman,” klaimnya.

Pengembangan pemimpin secara internal dilakukan ANTV tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pro-hire untuk bidang tertentu. Untuk bidang bisnis digital, ANTV mau tidak mau mencari talent dari luar karena minimnya mereka akan ekspertis bisang ini. Benefit dan bonus diberikan sebagai treatment karyawan akan maraknya pembajakan ke kompetitor lain. “Kami juga memiliki program bernama Talent Pool, second layer dari program Ledersku Keren di level Manager-up. Jadi ketika memang kita tidak mampu menahan leaders yang ingin keluar, kita masih punya pengganti,” ceritanya.

 

Reportase: Akbar Kiemas

www.Swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)