Apa Saja Inovasi Tiktok Sepanjang 2021?

Sejak kemunculannya pada tahun 2016 , Tiktok mengukuhkan dirinya menjadi platform video singkat untuk mengekspresikan diri anak-anak muda. Hal tersebut terbukti dari jumlah pengguna di Asia Tenggara yang mencapai 240 juta pengguna, dengan Indonesia sebagai pengguna terbanyak.

Melalui data yang dirilis Tiktok tahun 2021, menunjukan bahwa konsistensi dan semangat kreator dalam menciptakan konten, berhasil memberikan berbagai macam hiburan serta inspirasi kepada komunitasnya. Video yang berasal dari para konten kreator dipercaya telah memperluas referensi penikmat video. “Mereka bisa menemukan dan menyukai topik-topik baru yang selama ini mungkin tidak mereka lirik,” kata Enda Nasution, Digital Activist & Social Media Advocate.

Lebih jauh, Enda mengatakan di tahun 2021, para konten kreator tidak lagi membuat konten sebagai hobi belaka, tetapi juga untuk kepentingan ekonomi. Hal tersebut berimbas pada kerapian isi konten dan tingginya frekuensi konten yang dihasilkan. Indonesia, menurutnya, juga akan masuk ke area content creator ekonomi. Istilah yang dimaksud adalah ketika pemilik produk memberiklan dan berkomunikasi kepada konsumen dengan bantuan content creator yang dibayar. Dari sana, akan bergulir membentuk suatu ekosistem yang di dalamnya ada proses transaksi ekonomi.

Sementara itu, kolaborasi brand dan kreator juga diprediksi akan lebih massif. Kreator dalam hal ini akan menjadi endorser atau juru bicara dari sebuah brand. "Di tahun 2022, micro influencer juga akan semakin dilirik oleh brand karena memiliki tingkat keterhubungan yang lebih tinggi dengan para pengikutnya," jelas Enda.

Kemudian, apa yang dilakukan Tiktok untuk mewadahi kreativitas kreator di platform-nya?

Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia mengatakan dalam konferensi pers Year on TikTok 2021 (07/12/2021), pada tahun 2021, platform ini telah meluncurkan 2 fitur terbarunya yakni, pertama, Tiktok Live yang ditujukan untuk para kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen. Kedua,  memperpanjang durasi video, sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka.

“Hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen Tiktok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di Tiktok,” ujar Angga. Tidak berhenti sampai di situ, di akhir tahun 2021, platform juga akan meluncurkan fitur Ask on Tiktok yang merupakan fitur pertanyaan terkait tren 2021 yang nantinya bisa dijawab oleh para pengguna melalui video singkat.

Dalam paparannya, Angga juga menyebutkan bahwa platform asal Tiongkok itu juga akan fokus pada pemberdayaan kreator, serta akan menampilkan lebih banyak konten di platformnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www,swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)