Aplikasi Help Siap Bersaing di Bisnis Pengiriman Barang

Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia masih belum usai. Tercatat ada 287.000 kasus di Indonesia per akhir September 2020. Kondisi ini telah memberikan dampak menyeluruh terhadap semua aspek kehidupan, terutama dari sisi kesehatan dan perekonomian. Masyarakat dituntut untuk mengubah gaya hidup guna terhindar dari terpaparnya virus COVID-19.

Salah satu langkah preventif yang dilakukan pemerintah untuk menekan kasus COVID-19 ini adalah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah di Indonesia untuk menghindari kontak fisik secara langsung antar manusia.

Di sisi lain, pada sektor ekonomi, dampak pandemi ini sangat dirasakan karena pergerakan roda ekonomi yang turut melemah sehingga menyebabkan banyak PHK massal dan menuntut masyarakat untuk lebih kreatif dengan menciptakan usaha berskala kecil dan menengah untuk menyambung hidup dan tetap bertahan di kondisi sulit seperti sekarang. Kondisi seperti ini menuntut para pelaku bisnis, khususnya yang bergerak di bidang ekspedisi untuk lebih inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna mendukung perputaran roda perekonomian.

Perusahaan orkestrator layanan digital bernama Help hadir berusaha memberikan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi untuk mendukung serta memudahkan masyarakat dengan menawarkan biaya pengiriman yang terjangkau. Muhamad Noor Sutrisno, CEO dan Pendiri Help mengatakan, kehadiran Help belum memasuki usia satu tahun ini melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat dan berupaya memberikan solusi terbaik dengan menawarkan harga pengiriman terjangkau. Aplikasi ini didesain untuk mengonsentrasikan seluruh layanan digital ke dalam satu aplikasi saja ke depannya. Saat ini layanan yang sudah tersedia adalah Help Delivery dan nantinya akan ada fitur baru yang bernama Help Buy and Sell.

Kehadiran fitur Help Delivery membidik segmen orang-orang yang membutuhkan layanan antar barang, khususnya untuk seller di Indonesia. Memberikan pilihan jasa ekspedisi dengan pelayanan terbaik pada tiap-tiap jenisnya, Help bekerja sama dengan beberapa instansi pengiriman seperti GoSend untuk pengiriman jarak dekat yang cepat dan Alfatrex untuk pengiriman luar kota.

“Dengan kerja sama ini, aplikasi Help memberikan harga khusus kepada pelanggan, yaitu mulai dari Rp10.000 untuk pengiriman instan, di mana barang akan langsung dijemput dan diantar oleh driver partner GoSend. Untuk pengiriman antar kota mulai dari Rp4.250 per kilogram. Kemudahan lain yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah metode pembayaran digital untuk menghindari kontak langsung atau menggunakan uang tunai, yang menjadi salah satu media penularan virus COVID-19. Beberapa payment gateway yang sudah bekerja sama, yaitu Gopay, Ovo, Dana, dan ShopeePay.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)